oleh

Jangan Disepelekan! Ini 4 Kesalahan Orang Tua Millenial Saat Rencanakan Keuangan

PortalMadura.Com – Di era yang serba digitalisasi ini, setiap orang khususnya orang tua millenial dituntut untuk lebih peka dan pintar dalam mengatur cashflow (arus kas). Karena ada banyak godaan mendera, mulai diskon belanja online, layanan paylater (bayar nanti) di banyak marketplace (pasar), sampai pinjaman online.

Apabila tidak mampu mencegah segala godaan itu bukan tidak mungkin keuangan dalam rumah tangga Anda akan berantakan. Nah, berangkat dari kegelisahan itulah, Prita Hapsari Ghozie dan Nadia Mulya menulis buku MoneySmart Parents. Prita sebagai financial planner berkolaborasi dengan Nadia yang menjadi ibu dari 4 anak. Segala permasalahan keuangan rumah tangga dibahas dalam buku tersebut, mulai dari persiapan hamil, melahirkan, hingga menyiapkan dana pendidikan anak.

Menyikapi hal itu, perlu Anda ketahui bahwa dalam merencanakan keuangan, ternyata ada beberapa kesalahan millennial parents yang kerap tidak disadari loh. Apa saja itu?. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (24/6/2021) dari laman Idntimes.com:

Tergoda ‘racun’ dari Teman-teman Satu Geng

Menurut Prita, para ibu biasanya mudah sekali terpengaruh ‘racun’ dari teman segeng atau komunitas yang diikuti, misalnya barang diskonan.

“Di buku itu kami bahas juga. Ibu-ibu biasanya gampang banget terpengaruh. Saat kita mengikuti racun, kita harus melihat kemampuan finansial kita. Karena racunnya bisa sama, tapi kemampuan finansial setiap orang beda-beda,” kata Prita.

Gampang Meminjam Uang

Kesalahan kedua adalah gampang meminjam uang. Apalagi, saat ini bukan eranya kartu kredit lagi. Maraknya layanan pinjaman online dan Paylater membuat seseorang bisa berutang dengan mudah.

“Jadi merasa ‘ah nanti semua selesai’. Lama-lama numpuk akhirnya,” kata Prita.

Belanja Karena Emosi Sesaat

Menurut Prita, banyak orang yang berbelanja karena emosi sesaat. Misal, melarikan stres dengan berbelanja. Jika tidak mampu menahan diri, rencana keuangan yang disusun rapi akan berantakan.

“Banyak yang mengaitkan konsumsi dengan emosi. Jadinya gitu,” ungkapnya.

Tidak Melakukan Riset Sebelum Investasi

Nadia Mulya menambahkan, salah satu kesalahan yang dilakukan millennial parents adalah tidak menguasai terkait investasi. Alhasil, banyak orang tua yang asal investasi saja, bahkan menuruti apa kata orang.

“Padahal sebelum berinvestasi kita harus riset dulu. Contoh lain, kalau mau buat asuransi berdasarkan tawaran teman ya sebaiknya riset dulu,” kata Nadia.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Idntimes.Com

Komentar