oleh

Jangan Gunakan Fal Belt Palsu, Ini 3 Risikonya

PortalMadura.Com – Fan belt merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk menggerakan beberapa komponen seperti kompresor AC, poros altenator, waterpump serta beberapa komponen lainnya.

Oleh karena itu, kualitas fan belt harus baik agar tidak mengurangi performa kendaraan.

Namun terkadang, ada beberapa kendaraan yang menggunakan fan belt yang tidak orisinil atau dengan kata lain palsu.

Padahal itu bisa membuat risiko. Ada beberapa risiko yang bisa dirasakan pemilik kendaraan jika menggunakan fan belt palsu. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini penjelasannya:

Usia Pakai Akan Lebih Cepat Rusak

Berbekal bahan yang tidak mumpuni atau berada di bawah tingkat orisinil, maka penggunaan komponen imitasi sudah pasti akan lebih cepat rusak ketimbang penggunaan komponen orisinilnya.

Sebut saja bahan karet yang menjadi bahan baku utamanya, bukan tidak mungkin baru dipakai dalam waktu yang singkat, maka karet tersebut akan putus ketika mobil tengah digunakan.

Karet Cepat Keras

Tidak seperti komponen aslinya, untuk fan belt imitasi atau yang memiliki kualitas di bawah orisinil, maka akan cepat keras bagian karetnya.

Jika sudah keras atau getas, maka performa komponen ini tidak lagi maksimal.

Baca Juga: Kumpulan Twibbon Tahun Baru Islam 1443 H

Hal ini dikarenakan penggunaan karet tersebut harus lentur karena ketika digunakan, maka karet tersebut mengalami penyesuaian dan akan mendapatkan tekanan yang kuat dari komponen lainnya.

Menimbulkan Suara Berisik

Tidak hanya dari segi kualitas serta usia pakainya yang relatif singkat. Penggunaan komponen fan belt yang tidak sesuai, juga akan memiliki dampak lain, seperti suara berisik yang berasal dari gesekan fanbelt tersebut dengan pemutarnya.

Hal ini dikarenakan, bahan baku tersebut tidak standar sehingga seiring penggunaannya akan menimbulkan suara yang berisik. Biasanya, suara berisik ini akan terus terdengar ketika mobil dijalankan.

Itulah resiko menggunakan fan belt palsu, maka kami sarankan anda selalu menggunakan yang original.

Komentar