Jangan Lakukan 4 Hal Ini Agar Badan Anda Tak Jamuran

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Lakukan 4 Hal Ini Agar Badan Anda Tak Jamuran
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Infeksi jamur bukan cuma bikin kulit jadi gatal, tapi biasanya juga menimbulkan ruam, meradang, hingga kering. Sehingga bisa mengganggu aktivitas seseorang dan menjadikan tampil kurang percaya diri.

Oleh karena itu, Anda harus tahu apa saja penyebab jamur yang bisa menimbulkan . Apa saja? Berikut penjelasannya:

Jarang Mandi
Tidak mandi karena alasan lelah sepulang berkegiatan sudah pasti tidak sehat. Namun, kenyataannya banyak yang justru melewatkan mandi karena merasa tubuh masih cukup bersih.

Misalnya karena Anda seharian tidak melakukan aktivitas berat sama sekali dan tidak berkeringat sehingga tidak perlu mandi. Padahal, tanpa Anda sadari sebenarnya kuman tetap menempel di kulit tubuh!

Mandi sambil eksfoliasi (dengan sikat, shower puff, atau spons) sangat penting untuk membilas sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Sel-sel kulit mati tersebut justru akan terus menumpuk kalau Anda jarang mandi.

Padahal, sel-sel kulit mati merupakan makanan favorit bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh dan berkembang biak. Akibatnya, kulit akan terasa gatal, iritasi, dan meradang karena jamuran.

Baca Juga: Ini Identitas Maling Motor Yang Ditangkap Warga Blega Bangkalan

Malas Ganti Pakaian Saat Berkeringat
Cuaca yang panas dan terik akan mudah membuat tubuh Anda berkeringat. Alhasil, baju Anda yang semula kering langsung lembap dan basah. Kalau sudah begitu, sebaiknya segeralah ganti baju yang lebih kering.

Tidak hanya akan menimbulkan bau badan, terus-terusan memakai baju yang penuh keringat dapat membuat kulit Anda jadi gatal dan berjamur, lho! Hal ini juga berlaku untuk celana hingga kaos kaki yang harus rutin diganti setiap hari.

Lagi-lagi, kondisi kulit yang menjadi tempat favorit bagi jamur untuk berkembang biak. Untuk mengatasinya, pilihlah pakaian yang bahannya sejuk, berpori, dan menyerap keringat seperti katun. Yang paling penting, segera ganti baju begitu tubuh Anda terasa lembap, gatal, dan berkeringat.

Sering Pakai Baju atau Celana Ketat
Banyak orang yang merasa lebih percaya diri saat memakai baju atau celana ketat karena mampu memperlihatkan lekuk tubuh dan terkadang membuat pemakainya terlihat lebih langsing. Akan tetapi berhati-hatilah, hal ini bisa memicu pertumbuhan jamur dan akhirnya jadi penyebab kulit gatal.

Ketika Anda memakai baju atau celana yang ketat, kulit akan sulit bernapas karena kekurangan oksigen. Terlebih lagi, lipatan-lipatan kulit Anda akan menyimpan banyak keringat dan sulit menguap karena terhalang oleh baju Anda yang ketat.

Bila terus dilakukan, timbunan keringat inilah yang lambat laun memicu pertumbuhan jamur dan menginfeksi kulit. Maka tidak heran jika kulit Anda langsung gatal, meradang, dan infeksi setelahnya.

Telanjang Kaki di Lantai yang Basah
Kebiasaan ini biasanya paling sering dilakukan saat Anda baru saja selesai berenang dan ingin segera berbilas. Karena kepalang tanggung, Anda rela tidak memakai sandal alias nyeker ke dalam kamar bilas meskipun lantainya becek alias tergenang air.

Tanpa disadari, air yang tergenang di kamar mandi telah terkontaminasi oleh keringat, rambut, dan urine dari pengguna lain. Nah, hal-hal inilah yang dapat memicu perkembangbiakan bakteri dan jamur yang menginfeksi kulit Anda, khususnya di bagian kaki.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.