Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini Agar Kulit Anda Tak Kering

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini Agar Kulit Anda Tak Kering
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang ingin mempunyai kulit yang kering? Tentu semua orang pasti ingin mempunyai kulit sehat, cerah dan bersih. Sehingga banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan hal itu. memang sangat mengganggu dan membuat tampil tidak percaya diri khususnya bagi wanita.

Namun sebelum Anda melakukan perawatan karena kulit kering, sebaiknya Anda perlu tahu dulu apa penyebab kulit Anda kering. Karena ternyata ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang biasa Anda lakukan membuat kulit kering. Penasaran?

Berikut penjelasannya:

Kebiasaan Mandi dengan Air Panas
Mandi dengan air hanya memang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Tetapi terlalu sering memanjakan diri mandi dengan suhu air yang panas dapat berbahaya bagi kulit. Saat suhu air terlalu panas kulit akan menjadi lebih cepat kering dan dehidrasi.

Nah, ada baiknya tetap memerhatikan suhu air yaitu suhunya tidak terlalu rendah atau tidak terlalu tinggi.

Tidak Memerhatikan Kandungan Sabun yang Digunakan
Di antara Anda mungkin ada yang tidak memerhatikan kandungan sabun yang digunakan. Asalkan bersih dan wangi, sabun tersebut tetap dipilih dan digunakan. Rata-rata orang memilih sabun karena dapat membersihkan kotoran dengan baik.

Tetapi perlu Anda perhatikan juga isi dari kandungan sabun tersebut. Jika mengandung detergen atau bahan kimia yang keras dapat menyebabkan masalah kulit, seperti kering dan iritasi. Sebelum membeli sabun batangan atau sabun cair ada baiknya Anda memilih sabun yang bukan hanya dapat membersihkan tetapi juga menutrisi serta menjaga kelembapan kulit.

Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi
Siapa di antara Anda yang sering melakukan eksfoliasi? Mengekfoliasi kulit memang sangat penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, jika Anda terlalu sering melakukan eksfoliasi bahkan lebih dari dua kali seminggu malah akan membuat kulit Anda iritasi dan kering.

Selain itu terlalu sering mengeksfoliasi kulit dapat mengakibatkan peradangan, kemerasan, kekeringan dan pengelupasan pada kulit. Bukannya mengangkat sel-sel kulit mati, keseringan eksfoliasi malah akan menghilangkan kulit yang sehat. Sebab itu, lakukan eksfoliasi maksimal dua kali dalam seminggu.

Menggunakan Pelembap yang Salah
Jika menurut Anda menggunakan pelembap merupakan satu-satunya jalan untuk menghindari kulit kering, nyatanya salah! Banyak wanita yang tidak konsisten dalam menggunakan pelembap. Bukannya mendapatkan kulit yang sehat, salah menggunakan pelembap malah akan merusak kulit.

Pilihlah pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit dan jangan lupa untuk selalu melihat isi kandungannya. Pemakaian pelembap juga tidak boleh terlalu banyak agar dapat meresap ke kulit lebih maksimal.

Kurang Minum Air Putih
Kebiasaan ini sering dilupakan banyak orang. Mungkin Anda pernah mendengar aturan-aturan tentang berapa banyak gelas air yang harus diminum setiap harinya. Nyatanya, hal itu memang perlu untuk dilakukan. Apalagi, jika Anda mempunyai kulit yang sensitive.

Kekurangan air putih dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan membuat kulit kering. Terlebih jika cuacanya yang panas, minum air putih merupakan suatu kewajiban. Saat cairan dalam tubuh sudah terpenuhi, kulit juga akan semakin terawat dari dalam. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.