Jangan Lakukan Hal Ini saat Perut Sedang Kosong

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Lakukan Hal Ini saat Perut Sedang Kosong
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sejumlah hal bakal sulit Anda lakukan, ketika perut dalam keadaan kosong atau lapar. Kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan berkonsentrasi dan mengalami gangguan saat bekerja. Pada saat lapar, Anda juga bakal lebih mudah marah-marah dibanding biasanya.

Namun hal ini juga tak hanya mempengaruhi pada mood yang Anda miliki saja. Pada saat perut kosong, terdapat sejumlah hal yang tidak boleh Anda lakukan. Bahkan terjadi sejumlah kondisi yang Anda alami pada tubuh.

Selain itu, sejumlah makanan atau minuman juga pantang Anda konsumsi saat perutmu tengah kosong. Kondisi ini menyebabkan Anda mengalami sejumlah masalah dan tidak dapat diperlakukan secara sembarangan.

Ujar Bonnie Taub-DiX dilansir merdeka.com dikutip dari Livestrong, mengungkap bahwa terdapat sejumlah hal yang pantang dilakukan ketika perut kosong. Berikut ini merupakan hal yang pantang dilakukan, seperti apa simak dibawah ini.

Membuat Keputusan
Ketika tengah lapar, Anda bakal lebih mudah marah, tak sabaran, dan lebih impulsif. Rasa sakit yang muncul karena lapar bisa menurunkan kemampuanmu untuk membuat keputusan yang tepat. Orang-orang yang lapar cenderung membuat keputusan berdasar hasil jangka pendek. Mereka tidak memedulikan tujuan jangka panjang sehingga tak bisa membuat keputusan dengan tepat.

Konsumsi Vitamin
Sebaiknya hindari mengonsumsi vitamin saat perut Anda kosong. Sejumlah vitamin biasanya bersifat asam dan menyebabkan masalah di dalam perut. Ketika perut kosong, tubuh juga tak dapat menyerap sejumlah vitamin secara efektif dan tepat. Oleh karena itu, hal ini sebaiknya kamu hindari untuk dilakukan setiap hari.

Berbelanja
Ketika perut tengah lapar, mata juga bisa ikut lapar dan jadi belanja secara berlebih. ketika lapar, Anda tidak bisa membuat keputusan secara tepat sehingga sering belanja secara berlebih.

Taub-Dix menyebut bahwa ketika Anda lapar, tidak hanya Anda bakal belanja lebih banyak, namun Anda juga cenderung membeli makanan tak sehat dan tinggi kalori. Oleh sebab itu, tidak disarankan untuk berbelanja ketika perut sedang kosong.

Baca Juga : Demo Mahasiswa Pamekasan Ricuh, Kontributor CNN Dilarikan ke Rumah Sakit

Minum Alkohol
Konsumsi alkohol sebenarnya merupakan hal yang sebaiknya dihindari pada kehidupan sehari-hari. Alkohol bisa menurunkan kadar gula darah sehingga Anda merasa melayang, pusing, dan sakit. Saat Anda tidak makan, perut dalam kondisi kosong dan biasanya gula darah menurun.

Ketika konsumsi alkohol, gula darah bisa semakin menurun sehingga muncul masalah. Konsumsi alkohol ketika perut kosong juga bisa membuatmu semakin lapar. Pasalnya, alkohol bisa bermanfaat sebagai stimulan selera makan.

Konsumsi Makanan Pedas
Konsumsi makanan pedas juga bisa menyebabkan masalah, ketika perut sedang kosong. Hal ini bisa membuat perutmu menjadi sakit dan serasa terbakar. Sensasi panas dan terbakar ini muncul karena tidak ada makanan lain pada sistem pencernaan yang mampu menjadi bantalan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda konsumsi makanan lain terlebih dahulu sebelum makan makanan pedas.

Minum Kopi
Suatu hal yang biasa dilakukan banyak orang adalah konsumsi kopi di pagi hari. Namun sebaiknya Anda hindari hal ini ketika perutmu sedang kosong. Kopi memiliki kandungan asam yang bisa menyakiti perut terutama ketika dalam kondisi kosong. Pada seseorang yang memiliki masalah asam lambung dan pencernaan, konsumsi kopi saat perut kosong ini bisa membuat mereka semakin sakit.

Melakukan Olaharaga Berat
Walau Anda sudah terbiasa dan tak mengalami masalah performa, olahraga saat perut kosong sebaiknya tidak dilakukan. Pada beberapa orang, tidak makan sebelum olahraga ini bisa menyebabkan rasa pusing atau melayang.

Sebelum berolahraga, sebaiknya konsumsi makanan atau kudapan untuk menjaga energimu. Disarankan untuk mengonsumsi buah agar Anda mendapat karbohidrat sehat yang tepat untuk kesehatanmu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.