oleh

Umat Muslim, Ini Tips agar Selalu Bersyukur dan Tidak Mengeluh

PortalMadura.Com – Mengeluh adalah hal yang manusiawi. Karena manusia memang diciptakan Tuhan sebagai makhluk yang suka berkeluh kesah. Tapi mengeluh bukanlah hal yang positif. Mengeluh bukanlah solusi dari permasalahan yang dihadapi. Justru bisa membuat masalah kian rumit dan berat.

Bersyukur akan membuat Allah mengucurkan rezeki dan rahmat secara berlimpah, itu salah satu cara bersyukur yang diajarkan dalam islam. Akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari masih banya orang mengeluh dengan nikmat yang ada.

Seperti dilansir okezone.com dikutip dari laman Pesantren Tebuireng, salah satu tips jitu agar selalu bersyukur adalah dengan mengingat kesempurnaan yang telah dianugerahkan Allah kepada kita. Lalu melihat kekurangan atau beban berat orang lain, seperti pengamen yang kesusahan mendapatkan uang.

Namun jika yang terjadi adalah melihat kekurangan diri dan membandingkannya dengan kelebihan orang lain, maka akibatnya adalah susah bersyukur dan ingkar atas nikmat yang telah Allah berikan.

Hal tersebut senada dengan penjelasan Abdul Wahhab asy-Sya’roni dalam kitab Mizan al Kubra, “Aku mendengar guruku Syekh Ali al Khowwas berkata, ‘Perbanyaklah kau ingat kesempurnaan dalam dirimu semampu mungkin, karena itu akan membuatmu selalu bersyukur kepada Allah. dan juga jangan perbanyak menyebut kekurangan dalam dirimu, karena hal itu akan membuatmu sedikit bersyukur’.”

Untuk mengamalkan tips bersyukur memang tidak mudah. Sebab terkadang keikhlasan seseorang goyah karena digoda setan. Pada hakikatnya setiap insan adalah manusia yang kadang lupa dan khilaf.

Baca Juga: Demo Mahasiswa Pamekasan Ricuh, Kontributor CNN Dilarikan ke Rumah Sakit

Untuk itu umat muslim perlu untuk sering membaca firman Allah yang menegaskan bahwa jika bersyukur, Allah akan mengucurkan nikmat yang berlimpah.

Hal tersebut merupakan firman Allah secara langsung yang termaktub dalam QS. Ibrahim ayat 7, “Sesungguhnya jika engkau bersyukur, niscaya Aku akan menambah (kenikmatan) kepadamu.”

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber: okezone.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.