oleh

Jangan Lewatkan 5 Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang sering digunakan dalam obat-obatan herbal untuk menangani gangguan kesehatan dan produk kecantikan.

Umumnya, tanaman ini memiliki kulit yang berwarna kuning muda yang bentuknya mirip dengan kunyit. Tanaman ini dipercaya masyarakat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti yang dilansir dari laman Alodokter.Com, Sabtu (17/4/2021):

Mengatasi Asma

Mengonsumsi air rebusan temulawak itu sebanyak tiga kali dalam sehari dapat mengatasi penyakit asma. Hal ini karena kandungan antioksidan pada temulawak yang tinggi.

Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Mengonsumsi temulawak bisa meningkatkan produksi empedu sehingga kesehatan sistem pencernaan menjadi terjaga. Temulawak juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi perut kembung, penumpukan gas, dan gangguan pencernaan yang lain.

Mengatasi Kelelahan Otot

Temulawak juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kelelahan otot. Jadi, jenis bahan alami ini cocok dikonsumsi bagi Anda yang baru saja melakukan olahraga berat atau aktivitas fisik lainnya yang menguras tenaga.

Menurunkan Kolesterol

Temulawak mampu mengontrol jumlah lemak dalam darah. Dengan mengonsumsi temulawak, jumlah kolesterol jahat akan berkurang, sedangkan jumlah HDL meningkat. Dimana kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular Anda pun dapat terjaga.

Mencegah Kanker

Kandungan dalam temulawak mampu mencegah pembuluh darah yang menyuplai sel kanker. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pun menguatkan sel lain agar terhindar dari sel kanker.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar