oleh

Jangan Lewatkan, Berikut 5 Tempat Bersejarah di Kalimantan Timur yang Harus Anda Tahu

PortalMadura.com – Kalimantan Timur adalah adalah salah satu provinsi yang terletak di bagian Timur pulau Kalimantan, Indonesia. Kalimantan Timur juga termasuk pada daerah yang masyarakatnya terbilang cukup makmur dan damai.

Sebelum menjadi seperti sekarang, tentu ada sejarah panjang yang dilalui oleh Kalimantan Timur, salah satunya terbukti dengan banyaknya warisan tempat-tempat bersejarah yang kini dapat kita kunjungi untuk dapat dijadikan pelajaran. Dilansir dari kaltimtoday.co, Rabu (21/7/2021) berikut 5 tempat sejarah di Kalimantan Timur yang wajib Anda tahu dan sayang sekali jika dilewatkan :

Istana Sultan Kutai

Terletak di pusat kota Tenggarong, Kalimantan Timur, Indonesia. Istana kerajaan Kutai merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Kerajaan ini didirikan pada 1932 oleh pemerintah Belanda, selanjutnya Belanda menyerahkan istana kepada Sultan Aji Muhammad Parikesit McGee pada tahun 1935.

Bangunan yang memiliki gaya arsitektur “Indische Empire” ini merupakan suatu komplek yang terdiri dari beberapa bangunan yaitu Istana, makam raja-raja, pendopo, Masjid Jami’ Aji Amir Hasauddin, dan kantor UPTD Museum Mulawarman.

Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin

Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin yang didirikan oleh Sultan Sulaiman ini terletak di Tanggarong Kalimantan Timur, Indonesia. Masjid tua Jami’ Adji Amir Hasanoeddin ini diperkirakan dibangun sekitar tahun 1874 yang mulai dari atap, konstruksi bangunan kayu tanpa jendela, jumlah tiang penyangga yang berjumlah 16 buah serta mihrab persegi lima yang merepresentasikan rukun islam.

Baca Juga : Twibbon 17 Agustus 2021

Masjid Shiratal Mustaqiem

Masjid Shiratul Mustaqin yang didirikan oleh Habib Abdurahman bin Muhammad Asseggaff ini termasuk pada deretan masjid tertua dengan usia sekitar 130 tahun. Masjid yang berlokasi di Samarinda, Kalimantan Timur ini menyimpan kitab Al Quran, berusia 400 tahunan, ini berstatus cagar budaya yang dilindungi pemerintah.

Keraton Sambaliung

Keraton Sambaliung yang merupakan salah satu tempat bersejarah di Kalimantan Timur, tepatnya di Tanjung Redeb, Berau dan termasuk pada warisan sejarah yang mewakili kesultanan Sambaliung. Saat ini istana Sambaliung telah dialihfungsikan menjadi museum yang menyimpan banyak benda-benda bersejarah.

Gua Tapak Tangan Karst Sangkulirang (Gua Tewet)

Gua Tapak Tangan Karst Sangkulirang ini berlokasi di Sangkulirang, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Goa telapak tangan peninggalan tahun 10.000 SM yang ditemukan pada 1965 yang memiliki ratusan jejak telapak tangan misterius. Keunikan inilah yang membuat para wisatawan datang untuk berkunjung ke tempat ini baik dari dalam maupun luar negeri.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : kaltimtoday.co

Komentar