Bunda, Ini Cara Ajarkan Anak Menyisir Rambut Sendiri

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini Cara Ajarkan Anak Menyisir Rambut Sendiri
Ilustrasi (kumparan.com)

PortalMadura.Com – Anak perempuan yang memiliki rambut panjang tentunya sangat lucu saat dikuncir dua. Biasanya sebagai orang tua Anda yang selalu menyisir rambut anak.

Sejak dini Anda perlu membiasakan anak untuk menyisir rambutnya sendiri agar mereka bisa lebih mandiri dan hidup rapi. Tidak sulit untuk mengajarkan anak bagaimaa cara menyisir rambutnya sendiri.

Dilansir dari laman Kumparan.Com, Rabu (21/7/2021), berikut ini cara menyisir rambutnya sendiri:

Menyisir Rambut dengan Narasi

Saat Anda menyisir rambut anak, sesekali jelaskan pada anak mengenai langkah atau gerakan yang Anda lakukan saat menyisir rambutnya. Misalnya, “Mama mulai dari bagian bawah rambutmu, ujung-ujung rambut yang kusut harus disisir lebih dulu. Setelah itu mama mulai menyisir bagian tengahnya, lalu terus ke atas. Tidak sakit, kan? Hanya ditarik lembut seperti ini saja. Jadi tidak sakit.” Hal itu membuat anak paham dengan setiap langkah menyisir rambutnya.

Menyisir Bersama

Ketika sedang santai ajak anak untuk berdiri bersebelahan dengan Anda di depan cermin lalu ambil sisir dan minta anak untuk memperhatikan.

Saat Anda menyisir sisi kanan kepala Anda, letakkan tangan kiri di atas sisi kiri kepala dan sikat lurus ke bawah rambut. Ulangi di sisi lain dengan menempatkan tangan kiri di sisi kanan kepala. Tangan Anda akan menyilang di depan kepala sehingga memungkinkan anak untuk dapat melihat dengan mudah sisi-sisi kepala yang berbeda.

Sisir rambut Anda dengan hati-hati dan perlahan saja. Agar anak betul-betul memahaminya. Setelah itu, berilah kesempatan anak giliran mencoba.

Baca Juga: Model Rambut Anak Laki-laki

Menyisir Rambut Sendiri

Minta anak untuk menyisir dengan lembut bagian bawah rambut mereka. Bila tiba di ujungnya, katakan agar anak dengan lembut menarik sikat sampai semua helai rambut yang kusut terurai. Setelah tidak ada rambut kusut di ujung, minta anak melakukan hal yang sama sedikit demi sedikit semakin ke atas mencapai bagian akar rambut mereka.

Jangan lupa, ingatkan anak untuk sabar menyisir rambutnya secara bertahap dalam bagian-bagian kecil. Setelah selesai, berikan pujian pada anak agar ia terpacu mengulanginya lagi. Anda dapat memberi anak kondisioner setelah ia keramas agar rambutnya lebih mudah disisir. Sediakan juga aksesori rambut untuk menghias rambut gadis kecil Anda setelah ia selesai menyisirnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.