Jangan Marah, Begini Cara Atasi Anak yang Ketahuan Berbohong Tak Puasa

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Marah, Begini Cara Atasi Anak yang Ketahuan Berbohong Tak Puasa
ilustrasi

PortalMadura.Com – Melatih anak untuk berpuasa sejak dini merupakan kewajiban orang tua. Akan tetapi, terkadang mengatakan berpuasa, padahal tidak. Hal ini mungkin sudah sering terjadi pada setiap anak-anak. Lalu, sebagai orang tua apa yang sebaiknya Anda lakukan saat anak ketahuan berbohong dan mengaku ?.

Menurut seorang profesor psikologi di Ayn Shams School of Medicine, Dr. Hiba Isawi, mengajarkan puasa pada anak adalah salah satu tanggung jawab seorang ibu karena anak terlalu muda dan belum mengerti apa pentingnya puasa dan menjalankan ibadah. Selama anak belum balig, ajarkan anak puasa secara perlahan.

Oleh karena itu, ketika Anda mengetahui bahwa anak makan secara sembunyi-sembunyi saat bulan puasa, lakukan dua hal berikut ini:

Jangan Langsung Memarahi Anak
Jangan memarahinya ketika tahu ia bohong dan tidak puasa. Jangan menuduhnya pembohong dan berkata kasar karena kesalahannya. Sebaliknya, ajarkan pada anak untuk mengatakan dengan jujur bahwa ia tidak kuat puasa. Apa alasannya tidak puasa dan bagaimana cara mengatasi alasan itu.

Jika anak kebanyakan bermain hingga haus, ingatkan anak esok harinya untuk tidak banyak bermain dan berlarian karena ia sedang puasa. Bila anak tertarik makan dan minum karena temannya mengajak, ingatkan bahwa puasa dengan menahan lapar dan haus akan menjadikannya anak yang baik dan disayang Allah SWT. Begitu seterusnya, pintar-pintarlah membujuk dan menyemangati anak untuk bisa menjalankan puasa.

Memberikan Pujian
Ketika anak bisa menjalankan puasa, puji keberhasilannya di depan keluarga agar ia tahu bahwa usahanya membuahkan hasil. Dengan begini, anak akan termotivasi untuk melakukan yang lebih baik karena merasa dihargai, dan anak akan merasa lebih percaya diri bisa melakukan puasa lagi esok hari.

Itulah cara menghadapi anak yang ketahuan berbohong tidak puasa dengan baik. Jadi, Anda tidak perlu marah-marah dan menghukum anak. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.