Jangan Pakai Lotion Jika Ingin Kulit Halus, Kenapa?

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Pakai Lotion Jika Ingin Kulit Halus, Kenapa?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, perempuan menggunakan setelah mandi ke seluruh tubuhnya. Mereka menganggap bahwa dengan memakainya akan membuat tubuh lebih lembap dan halus. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata kebiasaan itu tidaklah bermanfaat?.

Hal ini diungkapkan oleh pakar dermatologist yang mengatakan bahwa kebanyakan lotion sebenarnya bukan menjadi pelembap. Untungnya, ada cara lain yang lebih efektif untuk melembapkan kulit setelah mandi.

Lantas, apa yang sebaiknya digunakan setelah mandi?.

American Academy of Dermatology (AAD), merekomendasikan penggunaaan salep atau krim untuk meredakan kulit kering. Karena salep dan krim lebih efektif dan tidak mengiritasi kulit.

Bahkan, untuk menjaga kelembapan tubuh, salep dengan tekstur yang tebal adalah pilihan yang paling efektif karena berbahan dasar minyak. Semakin banyak minyak yang terkandung, bakal semakin lembap kulit Anda.

Selain itu, salep juga memiliki efek emolien tertinggi, atau kemampuan dalam melembutkan dan menghaluskan kulit. Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk menunggu salep menyerap di dalam kulit, maka pelembap dengan tipe serum dan krim adalah pilihan terbaik berikutnya untuk merawat kulit kering.

Menurut seorang dokter kulit bersertifikat dan direktur penelitian kosmetik & klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City, Dr Joshua Zeichner mengatakan, untuk memaksimalkan hidrasi kulit wajah, serum yang mengandung asam hialuronat bisa digunakan sebagai lapisan pertama atau kerap disebut lapisan primer.

“Dalam kasus asam hyaluronic, serum dapat meningkatkan hidrasi di mana ini sangat membantu jika Anda memiliki tipe kulit kering,” ujar Zeichner.

Sedangkan untuk melembapkan kulit di seluruh tubuh, Anda bisa memilih pelembap bertipe krim yang lebih cepat menyerap ke dalam kulit, bahkan lebih baik dibandingkan lotion.

Lotion, yang utamanya berbasis air, mengandung minyak paling sedikit sehingga pelembap jenis ini menawarkan hasil yang paling tidak efektif untuk kulit kering,” lanjutnya.

Lotion, kata Zeichner juga dapat menyebabkan masalah kulit lebih lanjut, terutama jika Anda menderita masalah kulit seperti eksim. Menurut National Eczema Association, lotion juga tergolong pelembap yang menguap dengan cepat dan mungkin mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi kulit dalam jangka panjang.

“Jadi untuk menjaga kulit tetap sehat, lembut, dan terhidrasi, mengoleskan pelembab bertekstur salep adalah pilihan terbaik,” tutup Zeichner. (suara.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.