Jangan Panik, Begini Cara Matikan Alarm Mobil yang Terus Berbunyi

Avatar of PortalMadura.com
Jangan-Panik,-Begini-Cara-Matikan-Alarm-Mobil-yang-Terus-Berbunyi
Ilustrasi (Autos.id)

PortalMadura.Com – Fitur alarm pada mobil kini sudah banyak digunakan oleh pemilik mobil. Hal ini untuk mencegah maling beraksi. Karena, alarm akan berbunyi saat ada yang ingin membuka paksa mobil atau sekedar terkena getaran.

Tapi, pada masanya remote mobil bisa mati atau rusak. Dengan kata lain, alarm berbunyi namun remote sedang dalam keadaan tidak berfungsi. Hal itu tentu mengganggu, apalagi ketika mobil sedang terparkir depan rumah.

Jangan khawatir, karena hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara. Dilansir Liputan6.com dari beberapa sumber, berikut cara mematikan saat remote rusak:

Menghidupkan Mesin Mobil

Saat alarm mobil dalam keadaan menyala, Anda dapat segera menyalakan mobil agar alarm dapat langsung mati. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka pintu mobil secara manual dengan kunci mobil lalu tinggal menyalakan mesin seperti biasa. Ketika sudah dilakukan, otomatis alarm mobil akan mati sendiri karena kunci telah terdeteksi dengan sensor.

Membuka Pintu

Seperti yang telah dijelaskan di atas, mematikan alarm juga dapat melalui kunci mobil. Namun, beberapa kesalahan pastinya pernah Anda lakukan, masalah tersebut adalah memaksakan remote pada kunci untuk bekerja.

Padahal remote sudah tidak berfungsi secara normal, maka dari itu Anda hanya perlu memasukkan kunci mobil ke pintu, lalu putar ke posisi mengunci. Kemudian putar untuk membukanya beberapa kali. Hal ini dikarenakan saat mengunci mobil dengan cara yang benar dan manual, alarm akan menerima sinyal untuk segera mematikan bunyinya.

Menggunakan Kunci Mobil

Cara selanjutnya untuk mematikan alarm adalah menggunakan kunci mobil, langkah yang satu ini dirasa sangat berpengaruh. Cukup menyalakan mobil dan langsung mematikan. Lalu lepas dan masukkan kunci dengan diputar bolak balik secara cepat sebanyak 10 kali.

Langkah ini dapat membuat alarm mobil berada dalam posisi disarm, biasanya akan muncul bunyi dengan intensitas cepat hingga akhirnya mati.

Reset Aki Mobil

Tahapan selanjutnya adalah dengan mereset aki sehingga dapat mematikan alarm. Anda hanya perlu melepas kabel negatif, namun tidak perlu melepas kabel positif. Jika sudah hidup, jangan lupa untuk memasang kembali kabel negatif. Anda disarankan untuk berhati-hati, dalam melakukan cara ini.

Melepas Sekring Alarm

Di dalam alarm terdapat sekring yang bisa dicari melalui buku panduan, posisi sekring ini berada di wadah mesin dan kabin. Dalam melakukan tahap ini diperlukan alat, yaitu tang berujung runcing agar dapat melepasnya.

Demikian, cara mematikan alarm mobil tanpa menggunakan remote yang dapat dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.