Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Kebiasaan Makan Siang yang Bisa Bakar Ekstra Kalori

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Kebiasaan Makan Siang yang Bisa Bakar Ekstra Kalori
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, jam dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk beristirahat dari aktivitas. Terutama bagi mereka yang mungkin sedang berusaha menjaga berat badan. Sehingga mereka ingin agar saat jam makan siang bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk metabolisme tubuh.

Padahal, sebenarnya makan siang bisa dilakukan karena ada beberapa kebiasaan saat makan siang yang bisa membakar ekstra kalori. Jika dilakukan dengan rutin, bukan tidak mungkin kebiasaan-kebiasaan tersebut membantu proses diet.

Anda penasaran?. Berikut lima kebiasaan makan siang yang bisa :

Pakai Sumpit
Pada intinya, tubuh akan membakar kalori untuk setiap aktivitas yang Anda lakukan seberapa sederhana itu. Kalau biasanya Anda pakai sendok coba ganti dengan sumpit yang mungkin akan membuat proses makan jadi lebih rumit tapi bisa membakar ekstra kalori.

Sumpit juga bisa membantu proses diet karena setiap suapnya Anda akan makan porsi lebih kecil dan lambat daripada saat memakai sendok.

Gunakan Tangga
Saat istirahat siang dan kebetulan posisi Anda ada di lantai atas coba gunakan tangga untuk naik-turun ke tempat makan. Dengan cara ini, Anda akan membakar kalori lebih banyak daripada saat menggunakan lift.

Dr Lewis Halsey dari University of Roehampton yang mengamati cara orang menaiki menemukan, rata-rata orang bisa membakar 302 kalori saat naik tangga sejauh 15 meter.

Cari Tempat Makan yang Lumayan Jauh
Kalau ada tempat makan yang dekat kenapa pilih yang jauh?. Jawabannya sederhana, agar Anda jalan kaki lebih lama saat jam makan siang dan dengan demikian bisa membakar ekstra kalori. Belum lagi, Anda juga akan membakar kalori saat jalan kembali dari tempat makan.

Jalan kaki santai sekitar 15 menit bisa membakar sekitar 50 kalori. Sedangkan dengan jalan kaki cepat bisa membakar sekitar 95 kalori dalam 15 menit.

Cuci Piring
Habis makan siang kalau Anda membawa bekal sendiri atau ada tempat mencuci, coba bersihkan wadah makan untuk membantu menjaga kebersihan sekaligus membakar ekstra kalori.

Menurut survei yang dilakukan Calorielab, mencuci piring kotor bisa membakar 18 kalori per 15 menit. Bolak-balik menaruh piring dan gelas bersih kembali ke tempatnya selama satu jam bisa membakar 72 kalori.

Minum Air Sebelum Makan
Saran terakhir ini bukan untuk membakar ekstra kalori, melainkan menjaga agar saat makan siang Anda tidak kalap. Dengan minum air sebelum makan secara otomatis ruang di lambung akan menjadi lebih penuh, sehingga memaksa agar porsi makanan yang masuk tidak terlalu banyak karena rasa kenyang. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.