Jangan Zalimi Diri Sendiri Pada Saat Bulan Muharam, Ini Hadisnya

Avatar of PortalMadura.Com
Jangan Zalimi Diri Sendiri Pada Saat Bulan Muharam, Ini Hadisnya
ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan bulan pertama sesuai hitungan kalender Hijriyah. Dalam bahasa Arab, kata Muharam berarti waktu yang diharamkan. Maksudnya adalah bulan yang dilarang untuk menzalimi diri sendiri dan berbuat dosa.

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu” (QS. At-Taubah: 36)

Diterangkan pula dalam , yang diriwayatkan dari Abu Bakrah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah bersabda: “Setahun terdiri dari dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram, tiga berurutan, yaitu: Dzul-Qa'dah, Dzul-Hijjah dan Al-Muharram, serta RajabMudhar yang terletak antara Jumada dan Sya'ban.“ (HR. Al-Bukhari : 3197 dan Muslim : 1679/4383).

Dikutip dari Tafsir ibnu Abi hatim VI/1793, Qatadah rahimahullah pernah berkata: “Sesungguhnya berbuat kezaliman pada bulan-bulan haram lebih besar kesalahan dan dosanya daripada berbuat kezaliman di selain bulan-bulan tersebut. Meskipun berbuat zalim pada setiap keadaan bernilai besar, tetapi Allah membesarkan segala urusannya sesuai apa yang dikehendaki-Nya.”

Rasulullah SAW bersabda tentang larangan menzalimi diri sendiri. Bahwa, orang-orang tersebut bukan termasuk golongannya. “Bukan termasuk golonganku orang yang menampar-nampar pipinya, merobek-robek baju dan berteriak-teriak seperti teriakan orang-orang di masa Jahiliyah.” (HR Al-Bukhari 1294).

Selain dilarang menzalimi diri sendiri, pada bulan Muharam juga dilarang berperang. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: “Apabila sudah habis bulan-bulan Haram itu, maka Bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka.” (QS At-Taubah: 5). (okezone.com/Desy)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.