Jarak Ideal dan Tata Cara yang Benar Ganti Oli Motor

Avatar of PortalMadura.com
Jarak Ideal dan Tata Cara yang Benar Ganti Oli Motor
Ilustrasi (Liputan6.Com)

PortalMadura.Com – Sepeda merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak diminati oleh setiap orang. Karena dengan menggunakan sepeda motor lebih mudah untuk masuk ke gang kecil. Oleh karena itu sepeda motor memerlukan perawatan khusus agar tetap memiliki performa yang baik.

Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin mengganti oli. Tahukah Anda kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli sepeda motor?. Dilansir dari laman Kompas.com, Senin (7/12/2020) berikut jarak ideal dan cara yang tepat untuk mengganti oli sepeda Anda.

Sepeda motor yang sering Anda gunakan sebaiknya setelah mencapai jarak tempuh 2.000 km/dua bulan bergantung  mana yang lebih dulu dicapai. Hal ini untuk motor yang masih memakai karburator, sedangkan untuk motor yang sudah injeksi interval pergantian oli setiap 4.000 km atau empat bulan sekali.

Jika Anda memiliki motor yang jarang digunakan sebaiknya mengganti oli setiap 2 bulan meskipun jarak tempuh belum tercapai. Mengganti oli motor sangat penting agar Anda tetap nyaman saat berkendara. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengganti oli sepeda motor:

Pertama jangan menyemprot lubang oli mesin dengan udara bertekanan tinggi. Hal ini biasa dilakukan oleh bengkel dengan tujuan agar pelumas di dalam mesin cepat keluar namun ternyata ini salah kaprah.

Kedua ganti ring oli setiap membuka pembuangan oli. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada saat pemasangan kembali baut oli.

Ketiga diamkan terlebih dahulu kendaraan Anda dan pastikan oli tidak dalam kondisi panas. Jika oli masih dalam kondisi panas jangan membuka pembuangan oli. Karena jika dipaksakan dibuka akan membuat ulir baut cepat rusak.

Terakhir jika semua cara dilakukan dengan benar maka disarankan untuk membersihkan filter oli setiap 12.000 km. Hal ini bertujuan untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin.

Sebaiknya jika Anda ingin mengganti oli kendaraan yaitu pada bengkel yang sudah terpercaya dan orang-orang yang profesional.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.