Jarang Diketahui, Berikut Manfaat Konsumsi Zucchini Untuk Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
Jarang Diketahui, Berikut Manfaat Konsumsi Zucchini Untuk Tubuh
Ilustrasi (chilibeli.com)

PortalMadura.Com – Zucchini adalah sayur dari spesies Cucurbita Pepo dan sering disebut summer squash karena berkaitan dengan beberapa jenis summer squash lain diantaranya Melon dan Timun. Kebanyakan orang mengira bahwa zucchini adalah timun Jepang, tetapi sebenarnya kedua sayuran tersebut sangatlah berbeda.

Zucchini bukan sayuran yang umum ditemukan di pasar seperti sawi, wortel atau kangkung, namun zucchini termasuk sayur yang punya banyak kandungan nutrisi sehat.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (18/6/2021) berikut manfaat konsumsi zucchini untuk tubuh:

Mencegah Kanker

Tingginya antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten membuat zucchini juga bisa membantu mencegah perkembangan sel-sel abnormal. Sayuran hijau ini membantu mengurangi kerusakan sel karena pengaruh radikal bebas atau proses oksidatif di dalam tubuh.

Baca Juga:  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka bagi Tubuh Manusia

Menurunkan Kadar Glukosa

Zucchini juga rendah gula sehingga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Karena kandungan seratnya yang tidak mudah terlarut, zukini mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh sehingga mampu mencegah diabetes mellitus dan menurunkan risiko sindrom metabolik.

Menjaga Berat Badan

Zucchini juga sangat baik sebagai menu diet karena rendah lemak, karbohidrat dan kalori. Jika kamu ingin menjaga berat badan ideal, makan zucchini bukan hanya mengenyangkan namun juga membantu menjaga asupan kalori tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Zucchini mengandung banyak serat, ia bisa membantu melancarkan pencernaan karena susah buang air besar atau diare. Seratnya akan membantu membersihkan usus dan membuang sampah di dalam sistem pencernaan.

Baca Juga:  Anda Sering Sakit Punggung? Hindari 3 Makanan Ini!

Menjaga Kesehatan Mata

Zucchini sangat tinggi kandungan vitamin C dan beta-karoten yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, mengatasi mata lelah dan menjaga penglihatan tetap sehat. Antioksidan lain dalam zucchini seperti lutein dan zeaxanthin mampu mengurangi masalah penglihatan terkait bertambahnya usia.

Menjaga Kesehatan Jantung

Zucchini sangat rendah kalori, tinggi asam folat, kalium dan magnesium, mineral-mineral baik yang mampu menjaga kesehatan jantung. Serat dalam zucchini juga mampu membuang kolesterol jahat sehingga bisa mencegah stroke.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.