Jarang Diketahui, Buah Mengkudu Baik Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Jarang Diketahui, Buah Mengkudu Baik Untuk Kesehatan
Jarang Diketahui, Buah Mengkudu Baik Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Buah mengkudu banyak ditemui di Indonesia terutama di Madura. Di madura buah mengkudu jarang dimanfaatkan dengan baik atau lebih tepannya kurang paham caramemanfaatkan buah mengkudu. Sedangkan di australia, India dan Asia Tenggara, Mengkudu di konsumsi sebagai obat herbal dan suplemen.

Di dalam buah mengkudu, terkandung beragam nutrisi berikut ini: Karbohidrat, Protein, Gula, Vitamin C, Vitamin E, Biotin, Folat, Magnesium, Kalium, Kalsium Buah mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri

Manfaat

1. Mencegah dan memperbaiki kerusakan sel tubuh

Jika terlalu banyak terpapar radikal bebas, sel-sel tubuh akan cepat rusak dan hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Buah mengkudu diketahui dapat mengurangi kadar radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan zat tersebut.

2. Menjaga kadar kolesterol dalam darah

Buah mengkudu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sehingga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

3. Mengurangi nyeri sendi

Ekstrak buah ini juga diketahui berkhasiat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, misalnya pada penderita osteoarthritis.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah mengkudu yang juga tidak kalah penting adalah untuk memperkuat daya tahan atau sistem imunitas tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh bisa lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit

5. Menurunkan kadar gula darah

Buah mengkudu dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Efek ini diduga berkat kemampuannya dalam meningkatkan efektivitas hormon insulin dalam mengatur kadar gula darah.

6. Menjaga berat badan tetap ideal

Buah mengkudu bermanfaat dalam menjaga berat badan dan mencegah obesitas. Efek ini diduga berkat kemampuan buah mengkudu dalam mengurangi kolesterol dan lemak, serta meningkatkan metabolisme.

Sekarang sudah cukup tau kan ? jadi, bagaimana? Mau kan memanfaatkan buah mengkudu dengan baik untuk kesehatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.