Opini  

Dampak Skeptisisme Vaksin dan Episode Baru Covid-19

Avatar of PortalMadura.Com
Dampak Skeptisisme Vaksin dan Episode Baru Covid-19
Ananda Amadia Maghfirah*

Belakangan ini, kasus kembali mengalami kenaikan. Puncak kasus Covid-19 diprediksi terjadi pada bulanDesember 2022.

Munculnya sub varian baru, yaitu XBB dan BQ.1, menjadi salah satu penyebab melonjaknya kasus Covid-19. Kenaikan kasus Covid-19 juga dinilai meningkat akibat vaksinasi yang belum tuntas dan protokol kesehatan yang tidak lagi dihiraukan oleh masyarakat.

Sejak terjadinya penurunan kasus Covid-19, masyarakat tidak lagi menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat menghadapi kasus Covid-19 dengan santai. Mereka terlalu cepat melupakan protokol kesehatan, terutama memakai masker.

Seharusnya, masyarakat selalu waspada dan lebih sabar dalam menghadapi virus ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan walaupun terjadi penurunan kasus Covid-19.

Data yang diperoleh untuk capaian booster ternyata masih rendah, yaitu 33 persen. Rendahnya cakupan vaksin booster ini terjadi karena masyarakat menganggap bahwa pandemi sudah berakhir dan berpikir bahwa vaksin pertama sudah cukup untuk melawan virus tersebut. Akhir status pandemi bukan berarti virus Covid-19 sudah tidak ada sama sekali.

Kita tetap perlu mendapatkan vaksin dengan dosis lengkap karena vaksin dapat mengurangi tingkat keparahan dan kematian akibat virus Covid. Di saat varian baru terus bermunculan, tentunya vaksin dengan dosis lengkap dapat mencegah risiko terjangkit virus tersebut. Sayangnya, banyak masyarakat yang tidak mengetahui efektivitas vaksin.

Beberapamasyarakatbahkantidakpercayaterhadapkeefektifanvaksin.Sehingga, merekatidakmelakukanvaksin dan berpikirbahwavaksinhanyadapatmenimbulkanefeksamping.Hal tersebutmembuatkasus covid-19 kembali naik. Varian barudapatdenganmudahmenyerangmasyarakat yang belummenerimavaksin.

Menurut data, 71 persen pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit belum mendapatkanvaksin booster. Hal tersebut sudah dapat membuktikan pentingnya vaksin dalam melindungi kita dari virus Covid. Upaya vaksinasi merupakan strategi yang harus kita lakukan. Oleh karena itu, masyarakat harus segera mendapatkan vaksin dengan dosis lengkap.

Peran pemerintah dan instansi kesehatan juga sangat penting. Mereka perlu melakukan upaya edukasi terkait vaksinasi kepada masyarakat, misalnya mengenai pentingnya vaksin dan efek samping yang ditimbulkan setelah vaksin karena beberapa masyarakat masih merasa takut untuk melakukan vaksin. Sangat penting untuk membuat masyarakat percaya terhadap keefektifan vaksin dan mendorong masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin dengan dosis lengkap.

Untuk bisa sepenuhnya terlepas dari pandemi Covid-19, kita harus selalu waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan walaupun terjadi penurunan kasus Covid-19. Vaksinasi merupakan upaya penting yang harus kita lakukan. Semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah, harus saling bekerjasama agar tidak adalagi peningkatan kasus Covid-19 di kemudian hari.(**)

*Pengirim : Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
Jurusan Farmasi
Instagram : @anndmdia

Konten ini menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi PortalMadura.com.
Punya Tulisan Seputar seputar opini, gagasan, sudut pandang.
Kirim Tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.