Jelang Idul Fitri, Pasar ‘Sattoan’ Diserbu Warga

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com, Sumenep – Setiap kali menjelang Idul Fitri, Pasar ‘Sattoan’ di Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur diserbu warga dari berbagai daerah di Madura.

Pasalnya, warga mengenal barang-barang yang dijual lebih murah dari tempat lain dengan kualitas standat. Semisal, baju, celana, sarung, mukenah, dll. Bahkan yang datang ke pasar yang hanya digelar pada hari Sabtu, juga kalangan ekonomi menengah keatas.

Pada umumnya, mereka membeli pakaian tidak hanya untuk pribadi, melainkan ada yang membeli dalam jumlah besar untuk diberikan pada warga sekitar (sodaqoh) maupun pada karyawan (campuran parcel).

Salah seorang penjual, Ny Hatun dari Kota Sampang mengungkapkan, setiap kali menjelang lebaran, pembeli membludak. “Yang digemari pembeli, sarung untuk cewek dan cowok. Biasanya, untuk diberikan pada orang-orang kurang mampu di kampung-kampung,” terangnya.

Baca Juga:  15 BUMDes di Sumenep Buka Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Mereka juga membeli kebutuhan untuk rumah. Seperti, sprei, Bed Cover, dan gorden rumah. “Ada yang belih pakaian jadi, ada juga yang masih butuh proses jahit,” ktanya.

Diakui, untuk patokan harga memang jauh lebih murah dibanding tempat lain.”Barang yang kita jual ini, kulakan sendiri ke Surabaya. Dan lokasi atau tempat jualanpun tidak ada pajak. Sehingga bisa dijual murah. Beda kalau sudah masuk pertokoan, karena lokasinya ada pajak dan masih membayar karyawan,” urainya.(htn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.