Jelang Lebaran Ketupat, Peziarah Padati Asta Tinggi Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Jelang Lebaran Ketupat, Peziarah Padati Asta Tinggi Sumenep
Suasana di pintu masuk Asta Tinggi Sumenep (Taufikurrahman @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, atau tempat pemakaman raja-raja Sumenep yang berlokasi di kawasan bukit Kebunagung, Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dipadati peziarah dari berbagai daerah, Rabu (19/5/2021).

Salah satu peziarah, Ziyad mengatakan, pihaknya bersama rombongan berasal dari wilayah Kecamatan Ganding sudah rutin melakukan kunjungan ke tempat makam raja-raja Sumenep setiap menjelang lebaran ketupat.

“Ya, kami rombongan mengharapkan berkah. Kami lakukan tiap menjelang lebaran ketupat,” katanya, Rabu (19/5/2021).

Menurutnya, ziarah dilakukan setiap menjelang lebaran ketupat selagi keluarga besarnya sedang berkumpul. “Mumpung semua berkumpul, kita sempatkan ziarah ke Asta Tinggi,” terangnya.

Salah satu penjaga Asta Tinggi Sumenep, Imam Syahrawi menjelaskan, meski pengunjung terlihat padat, namun ada pengurangan jumlah daripada hari-hari sebelum ada larangan mudik.

“Berkurang sekitar 50 persen. Dan setiap hari biasanya mencapai 5 ribu pengunjung. Tapi, saat ini menurun, kisaran 2 ribuan saja,” ujarnya.

Dari 5 ribuan pengunjung pada hari normal, merupakan akumulasi dengan peziarah yang dari luar Sumenep. Seperti dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan daerah lainnya.

“Setelah ada larangan mudik, pengunjung yang jauh tidak ada. Ya, mungkin mereka sadar akan pentingnya larangan itu,” ucapnya.

Bahkan, kata dia, setiap menjelang lebaran ketupat atau sebelum pandemi Covid-19, pengunjung biasanya bertambah hingga 60 persen daripada hari normal.

“Saat pandemi, pengunjung menurun. Ditambah lagi adanya larangan mudik dan penyekatan,” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.