oleh

Jelang Lebaran, Pemkab Pamekasan Cek Kesehatan Hewan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan memeriksa kesehatan hewan menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2021.

Kepala DKPP Pamekasan, Ajib Abdullah mengatakan, pihaknya akan memperketat pengawasan hewan, baik yang masuk ke Pamekasan atau hewan yang akan dikirim ke luar daerah untuk memastikan kesehatannya sebelum menjadi konsumsi masyarakat saat lebaran.

“Ini untuk memastikan hewan layak disembelih atau tidak. Sebelum hewan dikirim atau masuk ke Pamekasan hewan itu akan diperiksa. Setelah kondisinya sehat akan dikeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH),” terangnya, Senin (3/4/2021).

Dikatakan, pihaknya telah mempersiapkan petugas di setiap pasar hewan untuk memperketat pengawasan. Termasuk pasar tradisional Keppo yang menjadi pasar hewan terbesar di Pamekasan. Hal itu penting dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan mengkonsumsi daging.

“Selain itu, pengawasan dengan cara cek kesehatan ini untuk memastikan masuknya hewan ilegal ke Pamekasan,” pungkasnya.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Desy Wulandari

Komentar