oleh

5 Resep Bleaching Rambut Alami yang Perlu Dicoba di Rumah

PortalMadura.Com – Banyak hal praktis yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan apa yang diinginkan meskipun dengan cara yang tidak alami atau dengan kata lain menggunakan bahan kimia. Salah satunya yaitu bleaching rambut.

Bleaching merupakan langkah awal untuk mewarnai rambut. Namun jika Anda tidak ingin menggunakan bahan kimia, perlu mencoba beberapa bahan alami ini. Tapi yang perlu diketahui, hasilnya tidak akan langsung terlihat seperti menggunakan bahan kimia.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut resep bleaching rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat dan bisa dilakukan di rumah.

Baking soda

Salah satu bahan makanan yang sangat multifungsi adalah baking soda. Anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan noda membandel, atau memutihkan gigi.

Nah, baking soda juga bisa untuk bleaching rambut secara alami.
Anda perlu mencampurkan 1/4 cangkir baking soda dan 1/4 cangkir air hangat. Aduk sampai merata dan terbentuk seperti pasta. Oleskan secara merata di area rambut yang ingin dibleaching. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas sampai bersih. Untuk mencapai warna yang diinginkan, Anda bisa mengulanginya seminggu sekali.

Lemon

Seperti diketahui, lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang baik untuk tubuh. Vitamin C ini memang dikenal mampu mencerahkan warna, termasuk rambut. Anda bisa menggunakan air perasan jeruk lemon untuk bleaching rambut. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan panas matahari.

Caranya, peras 3 buah lemon dan campurkan dengan 1/4 cangkir air hangat. Masukkan ke dalam botol dengan tutup spray dan semprotkan ke area rambut yang diinginkan. Diamkan selama 1 jam di bawah panas sinar matahari.

Setelahnya, bilas sampai kering dan aplikasikan conditioner agar rambut tetap terjaga kelembutannya.

Seperti biasa, untuk mencapai warna yang diinginkan, Anda bisa mengulangi cara ini seminggu sekali.

Cuka Apel

Anda yang ingin memiliki bleaching dengan warna memerah bisa memilih cuka apel. Caranya, campurkan 1/2 cangkir cuka apel dan 1/2 cangkir air hangat. Setelah rata, masukkan ke botol dengan spray. Semprot cairan tersebut secara merata ke rambut dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin sampai bersih.

Madu dan minyak zaitun

Masker rambut dengan minyak zaitun bisa membantu melembapkan rambut. Nah, kalau madu ditambah minyak zaitun ternyata bisa jadi bleaching alami untuk Anda.

Caranya, campurkan 1/2 cangkir madu dan 1/2 cangkir minyak zaitun. Setelah rata, oleskan ke rambut sesuai keinginan Anda. Setelahnya, barulah jemur rambut di bawah sinar matahari selama 1 jam.

Cuci rambut sampai bersih dan lakukan cara ini 2 kali seminggu sampai mendapat warna yang diinginkan.

Garam

Ternyata, garam bisa membantu rambut Anda memiliki warna yang lebih terang. Campurkan 1 sendok makan garam dapur dengan 1/2 cangkir air hangat.

Masukkan ke dalam botol spray dan semprotkan secara merata ke rambut. Jangan lupa untuk menjemur rambut yang sudah disemprot di bawah sinar matahari selama 15 menit.

Setelah itu, bilas sampai bersih dan gunakan conditioner rambut. Anda bisa mengulanginya seminggu sekali. Karena cara ini alami dan tidak menggunakan kimia buatan, tentu hasilnya tidak bisa instan. Anda perlu kesabaran untuk mencapat warna bleaching yang diinginkan.

Selamat mencoba!

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar