oleh

Jelang Lebaran, Warga Sampang Percantik Batu Nisan

PortalMadura.Com, Sampang – Warga kampung Kalabang Daya. RT 02, RW 02, Kelurahan Dalpenang, Kecamatan Sampang, Madura, Jawa Timur, mempercantik batu nisan (kuburan) dengan mengecat warna-warni.

Penggagas kuburan warna-warni di Kelurahan Dalpenang, Sampang, Slamet Mulyadi menyampaikan, pengecatan dengan berbagai warna dilakukan setelah ada inspirasi dari teman sejawat dan warga kampung.

“Kami perindah dan mempercantik suasana karena mendapat inspirasi dari teman-teman dan warga,” katanya, Selasa (11/5/2021).

Biaya pengecatan batu nisan (kuburan) supaya terlihat dan tercipta suasana indah, serta tidak mengusir kesan seram, pihaknya menggunakan dana swadaya masyarakat.

Sebelum menjadi warna-warni, lanjut Slamet, kondisi kuburan sangat terkesan angker. Pengecatan batu nisan dan pagar kuburan dilakukan menjelang hari lebaran Idul Fitri 1442 hijriyah.

“Maka kami percantik dan perindah dengan mengecat agar warga nyaman dan senang saat berada di kuburan,” imbuhnya.

Pihaknya, mengajak masyarakat untuk saling menjaga keindahan warna-warni kuburan demi kenyamanan dan dapat menjadi obyek wisata religi bagi masyarakat Sampang.

“Kami berharap, kuburan warna-warni bisa menjadi contoh bagi yang lain, serta sebagai dukungan dan memberikan kenyaman terhadap para peziarah,” pungkasnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar