oleh

Salat Id di Sampang Boleh di Masjid dan Lapangan

PortalMadura.Com, Sampang – Salat Idul Fitri 1442 H di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, dapat dilaksanakan di masjid dan lapangan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang, H. Pardi menyampaikan, pemerintah daerah telah melaksanakan rapat dengan agenda salat Idul Fitri secara virtual bersama Gubernur Jawa Timur.

Kapasitas jemaah di masjid wilayah Kota Sampang dibatasi 50 persen. “Kegiatan ibadah salat Idul Fitri tetap diperbolehkan dengan mematuhi protokol kesehatan,” katanya, Selasa (11/5/2021).

Selain di masjid, salat Idul Fitri ada yang berpusat di lapangan Wijaya Kusuma, Kota Sampang. Para jemaah diajak supaya mematuhi protokol kesehatan.

Menurutnya, pelaksanaan salat Id pada masa pandemi Covid-19, pemerintah telah melalui berbagai pertimbangan. Secara umum, status wilayah Sampang masuk zona kuning.

“Sedangkan untuk daerah-daerah di desa telah berubah menjadi zona hijau,” imbuhnya.

Pihaknya, mengajak masyarakat agar ajang silaturahmi, halal bihalal selama lebaran dapat dijalankan di rumah, dan disiplin memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi (5M).

“Kami harap tidak harus ke rumah-rumah. Tetapi, masyarakat perlu disiplin menjaga 5M,” pungkasnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar