oleh

Jelang Piala AFC U-16 2020, Pemain dan Ofisial Timnas U-16 Jalani ‘Swab Test’

PortalMadura.Com – Pemain dan ofisial Tim Nasional Indonesia (Timnas) U-16 menjalani swab test pada Selasa (7/7/2020) siang.

‘Swab Test‘ ini dilakukan oleh petugas medis dari RS Royal Progress, Jakarta bekerja sama dengan PSSI di salah satu hotel di Bekasi atau tempat menginap Timnas U-16. ‘Swab Test‘ dilakukan untuk menghadapi ajang Piala AFC U-16 2020 yang akan digelar 25 November 2020.

iklan pilbup

“Alhamdulillah atas arahan Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) hari ini seluruh pemain dan ofisial dapat melakukan swab test. PSSI melakukan hal ini sebagai bagian dari protokol kesehatan yang dilakukan saat pemusatan latihan (TC),” kata dokter PSSI, Syarif Alwi, melansir laman pssi.org.

Swab Test‘ dilakukan sebagai wujud dari protokol kesehatan untuk memastikan seluruh anggota Timnas U-16 bebas dari Covid-19. Sebelumnya, Minggu (5/6/2020), seluruh pemain dan ofisial telah menjalani rapid test.

Syarif Alwi menjelaskan, meski para pemain dan ofisial Timnas U-16 telah di rapid test dan swab test, protokol kesehatan yang ketat tetap harus dijalankan. Apalagi saat ini Indonesia masih dalam pandemi Covid-19.

“Pemain dan ofisial harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Seperti selalu memakai masker, menjaga jarak saat melakukan kegiatan seperti makan dan duduk di dalam bus, memakai sarung tangan saat menjalani latihan, rajin cuci tangan memakai sabun, dan lain-lain,” katanya.

Timnas U-16 menjalani TC di Bekasi dari tanggal 6 hingga 29 Juli 2020 yang diikuti oleh 26 pemain. Anak asuh Bima Sakti ini sudah melakukan latihan perdana di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (6/7/2020).

Garuda Muda ini melakukan TC sebagai persiapan menghadapi ajang Piala AFC U-16 2020 yang akan digelar 25 November hingga 12 Desember, di Bahrain. Indonesia berada di grup D bersama Arab Saudi, Tiongkok, dan Jepang.

Sementara, salah satu pemain Timnas U-16, Alexandro Felix Kamuru mengatakan, swab yang dilakukan PSSI merupakan hal yang baik terutama saat sedang menjalani TC. Bagi dia, kesehatan adalah hal utama dan penting.

“Bersyukur dan terima kasih PSSI dapat memfasilitasi kami untuk swab test dan kemarin dilakukan rapid test. Kita melakukan tes untuk memastikan kondisi kita benar-benar fit dan negatif dari virus. Dengan begitu kita bisa merasa makin nyaman dan aman untuk menjalani latihan,” kata Felix Kamuru.(*)

Sumber : pssi.org
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar