Jenis-Jenis Website yang Ada di Internet, Sesuaikan Kebutuhanmu

Terdapat beragam jenis website, berikut ini daftarnya

Avatar of PortalMadura.com
Jenis-Jenis Website yang Ada di Internet, Sesuaikan Kebutuhanmu
Jenis-Jenis Website yang Ada di Internet, Sesuaikan Kebutuhanmu (Foto: Ginee.com)

PortalMadura.com-Website merupakan kumpulan halaman yang berisi berbagai macam informasi. Jenis website sangat beragam dan dibedakan berdasarkan sifat, platform serta fungsinya. Berdasarkan platform yang digunakan, website terdiri dari CMS, website builder, serta HTML dan CSS. Sementara itu, pengelompokkan website berdasarkan sifatnya terdiri dari dua jenis, yaitu statis dan dinamis.

Nah, yang tidak kalah penting adalah mengetahui apa saja jenis-jenis website berdasarkan fungsinya. Hal ini sangat penting agar nantinya kamu bisa memilih dan menggunakan website yang tepat sebelum membuatnya. Lalu, apa saja jenis-jenis website berdasarkan fungsinya? Yuk, cek di sini!

Inilah 5 Jenis Website yang Ada di Berdasarkan Fungsinya

Sebelum membuat website, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai apa saja macam-macam website yang tersedia di internet. Menentukan jenis website yang dibutuhkan akan memberikan panduan mengenai website seperti apa yang akan dibangun.  Mulai dari desain, struktur halaman website, isi konten website, dll.

Berikut adalah macam-macam website yang ada di internet:

1. Blog

Blog atau website pribadi sudah ada sejak tahun 2000-an. Website pribadi ini merupakan tren baru yang hadir sebagai jurnal pribadi, namun dikelola serta diakses secara online. Blog bisa kamu gunakan untuk menulis pengalaman pribadi, kisah perjalanan, opini, dll.

Bahkan, menuliskan cerita di blog juga bisa jadi pekerjaan yang menghasilkan cukup banyak uang. Telah banyak blogger yang sukses mendapatkan jutaan rupiah setiap bulannya hanya dengan menulis konten di blog.

2. /Ecommerce

Jenis website yang selanjutnya adalah ecommerce atau website toko online. Meskipun kamu sudah berjualan lewat media sosial dan , namun tetap membutuhkan website. Arahkan calon konsumen dari sosial media ke website toko online tersebut agar seluruh transaksi bisa dilakukan di website.

Dengan begitu, maka transaksi toko online dapat dicatat otomatis pada website. Kamu juga bisa lebih mudah untuk mengevaluasinya menggunakan bantuan Analytics.

3. Company Profile

Berbagai macam bisnis kini semakin merambah ke dunia online. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus memiliki sebuah website sebagai media untuk mempromosikan bisnis dan produknya.

Dengan website resmi perusahaan, maka calon konsumen dapat lebih mudah untuk mendapatkan informasi resmi mengenai produk yang mereka butuhkan. Kepercayaan konsumen juga akan meningkat karena adanya website membuktikan bahwa bisnis dan produk tersebut benar-benar ada.

4. Content

Selain bisa digunakan sebagai jurnal pribadi, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk content marketing. Trafik website toko online maupun jenis website lainnya bisa ditingkatkan melalui blog content marketing tersebut.

Buatlah konten berupa artikel menggunakan kata kunci yang paling sering dipakai oleh calon konsumen. Bangun link building ke website toko online atau perusahaan tersebut, sehingga trafiknya akan semakin meningkat.

5. Instansi Pemerintah

Organisasi maupun instansi pemerintah juga harus memanfaatkan website sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Biasanya, website organisasi resmi menggunakan domain .org, sedangkan website pemerintah memakai domain .go.id.

Dengan adanya website ini, maka masyarakat lebih mudah mengakses informasi dari organisasi atau instansi pemerintah. Website instansi pemerintah bisa digunakan untuk membagikan kebijakan baru kepada masyarakat.

Jenis website di atas bisa kamu gunakan sebagai dasar pertimbangan untuk membuat website.

Jika sudah menentukan website yang diinginkan, langkah berikutnya adalah memilih hosting dan domain. Untuk mendapatkan layanan sewa VPS murah dan domain dengan kualitas terbaik, beli dan konsultasikan saja di Niagahoster. Dapatkan layanan terbaik dengan penawaran harga menarik hanya di Niagahoster.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.