Antisipasi Bencana, Dandim Sampang Siagakan Personel

Penulis: RafiEditor: Hartono
Antisipasi Bencana, Dandim Sampang Siagakan Personel
Kesiapan petugas mengantisipasi bencana alam (Rafi @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Petugas gabungan Penanggulangan (Gulbencal) di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, termasuk personel TNI disiagakan dan mempersiapkan seluruh peralatan penting untuk mengantisipasi bencana alam pada musim penghujan.

Komandan Kodim (Dandim) 0828/Sampang, Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto menyampaikan, apel kesiapsiagaan mengantisipasi serta upaya penanggulangan bencana alam telah dilakukan dengan melibatkan petugas gabungan dari berbagai unsur demi memaksimalkan cepat tanggap dalam merespon kejadian.

“Bersama-sama dengan seluruh elemen, siaga pada upaya penanggulangan bencana alam,” katanya, Jumat (21/10/2022).

Petugas gabungan yang diterjunkan sebagai wujud nyata kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana apapun yang menjadi target antisipatif pencegahan. “Jadi, realisasinya bersama petugas gabungan dengan cara meningkatkan sinergitas dengan seluruh elemen,” ujarnya.

Suprobo menyebutkan, petugas yang diterjunkan melibatkan anggota dari unsur TNI sekitar 280 personel, Polres Sampang 500 orang, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) 100 personel, Badan Penanggulangan Bencana Daerah () 40 orang, serta 1.500 tenaga medis dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) se- Kabupaten Sampang.

“Tugas tenaga medis tidak terpusat dalam satu lokasi saja. Tetapi, menyebar dan bertugas sesuai pos masing-masing. Total petugas gabungan yang bergerak dalam mengantisipasi bencana alam mencapai sekitar 2 ribu orang lebih,” terangnya.

Kesiapsiagaan dari seluruh petugas itu, memastikan peralatan yang digunakan, baik peristiwa banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang. “Kesiapan dan seluruh peralatan sesuai dengan kemampuan pemerintah daerah,” ujarnya.

Pihaknya berharap tidak ada kejadian bencana alam. “Kami laksanakan kesiapan untuk mengantisipasi lebih awal sehingga dampak resiko tidak terlalu besar, khususnya upaya penyelamatan terhadap jiwa,” pungkasnya.(*)

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.