Pemicu Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

Avatar of PortalMadura.com
Pemicu Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya
Pemicu Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya. (Foto:Freepik)

PortalMadura.comJerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Selain di wajah, jerawat juga dapat muncul di daerah tubuh lainnya, termasuk punggung.

Jerawat punggung dapat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan dan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Kali ini kami akan membahas beberapa penyebab jerawat punggung dan cara mengatasinya.

Apa itu Jerawat Punggung

Jerawat punggung adalah kondisi di mana terjadi penumpukan minyak dan sel kulit mati di pori-pori kulit punggung.

Hal ini menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dan meradang, sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

Penyebab Jerawat Punggung

a. Kebiasaan Hidup yang Kurang Sehat

Kebiasaan hidup yang kurang sehat, seperti kurangnya olahraga, kurang tidur, dan makan makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan jerawat punggung.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa tubuh tidak mampu mengeluarkan racun secara optimal.

b. Pakaian yang Tidak Cocok

Pakaian yang tidak cocok, seperti pakaian ketat dan bermaterial sintetis dapat memicu jerawat punggung.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pakaian ketat dan bermaterial sintetis dapat menyebabkan kulit tidak dapat bernafas dengan baik, sehingga memicu terjadinya jerawat.

c. Stres

Stres adalah faktor lain yang dapat memicu jerawat punggung. Stres dapat mempengaruhi produksi hormon yang dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak pada kulit.

Minyak tersebut kemudian dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu terjadinya jerawat.

Cara Menghindari Jerawat Punggung

a. Jaga Kebersihan Kulit

Cara yang paling sederhana untuk menghindari jerawat punggung adalah dengan menjaga kebersihan kulit.

Mandi secara teratur dan membersihkan kulit punggung dengan lebih lembut, seperti menggunakan handuk lembut atau spons, dapat membantu menghindari iritasi pada kulit punggung.

Jangan lupa juga untuk mengganti baju dan handuk secara teratur agar bakteri tidak menumpuk dan menyebabkan jerawat.

b. Hindari Penggunaan Pakaian Ketat dan Bermaterial Sintetis

Pakaian ketat dan bermaterial sintetis dapat membuat kulit tidak dapat bernafas dengan baik, sehingga memicu terjadinya jerawat punggung.

Hindari penggunaan pakaian seperti bra dengan kawat atau kaos ketat yang dapat menekan kulit punggung.

c. Kurangi Stres

Kurangi stres dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti yoga atau meditasi, juga dapat membantu mengurangi produksi hormon yang dapat memicu jerawat.

Jangan lupa untuk cukup tidur dan menghindari konsumsi makanan yang dapat memicu stres seperti kafein dan makanan yang tinggi gula.

Cara Mengatasi Jerawat Punggung

a. Gunakan Sabun Mandi yang Sesuai

Sabun mandi yang tepat dapat membantu membersihkan kulit punggung dan mencegah jerawat. Pilihlah sabun mandi yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide, yang dapat membantu membersihkan kulit punggung dan mencegah jerawat.

b. Hindari Menggaruk atau Memencet Jerawat Punggung

Menggaruk atau memencet jerawat punggung dapat menyebabkan infeksi dan memperburuk jerawat. Hindari kebiasaan tersebut dan biarkan jerawat hilang dengan sendirinya.

c. Menggunakan Pelembap yang Tepat

Pelembap yang tepat dapat membantu menjaga kelembaban kulit punggung dan mencegah terjadinya jerawat. Pilihlah pelembap yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori kulit.

d. Konsultasikan dengan Dokter Kulit

Jika jerawat punggung tidak kunjung membaik atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter kulit. Dokter kulit dapat memberikan pengobatan yang tepat dan membantu mencegah terjadinya jerawat punggung.

Jerawat punggung dapat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan dan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Obat Jerawat Punggung

Jerawat punggung dapat diobati dengan berbagai cara, mulai dari obat-obatan yang dijual bebas hingga obat resep atau perawatan medis.

Beberapa jenis pengobatan konvensional untuk jerawat punggung meliputi obat-obatan oral atau topikal, perawatan laser dan cahaya, atau perawatan medis seperti pengelupasan kulit atau penyedotan komedo.

Selain pengobatan konvensional, obat herbal juga bisa menjadi pilihan yang efektif dan alami untuk mengatasi jerawat punggung.

Obat herbal biasanya terbuat dari bahan alami yang telah terbukti aman dan efektif dalam mengatasi jerawat punggung.

Obat Herbal / Alami Untuk Jerawat Punggung

Menghilangkan jerawat punggung bisa menjadi masalah yang mengganggu. Jerawat yang muncul pada punggung umumnya disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan, peradangan, serta bakteri penyebab jerawat.

Untungnya, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat punggung, seperti lidah buaya, madu, kunyit, teh hijau, dan Echinacea.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat punggung dengan menambahkan beberapa tetes tree tea oil ke dalam gel lidah buaya asli.Campur hingga rata dan oleskan ke punggung yang berjerawat.

Diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan haduk basah. Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan dapat menenangkan kulit yang meradang.

  1. Madu

Madu dan oatmeal bisa dicampur dan dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat punggung. Oatmeal dapat menenangkan peradangan dan menyerap minyak pada kulit.

Campur oatmeal dan madu hingga bentuknya mirip pasta. Oleskan ke punggung dan bilas setelah 20 menit.

  1. Kunyit

Kunyit bisa dicampur dengan minyak kelapa untuk membuat teskturnya jadi mirip seperti pasta dan oleskan ke punggung. Minyak kelapa membantu membersihkan pori-pori dan mengatasi kulit yang kering.

Sedangkan kunyit, sebagai agen antiseptik dan antimikroba, sangat baik untuk mengatasi jerawat.

  1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang tinggi, disebut katekin. Mengoleskan teh hijau ke punggung dapat mengurangi produksi minyak berlebih, bakteri penyebab jerawat (P.acnes), dan peradangan.

  1. Echinacea

Echinacea adalah spesies bunga berwarna ungu yang dapat mematikan virus dan bakteri, termasuk P.acnes. Echinacea dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan dan mencegah infeksi.

Namun, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter kulit jika jerawat punggung tidak kunjung hilang atau semakin parah.

Namun, dengan menjaga kebersihan kulit, menghindari penggunaan pakaian ketat dan bermaterial sintetis, mengurangi stres, menggunakan sabun mandi yang tepat, menghindari menggaruk atau memencet jerawat, menggunakan pelembap yang tepat, dan berkonsultasi dengan dokter kulit, kita dapat mengatasi masalah jerawat punggung dan menjaga kesehatan kulit punggung kita.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.