oleh

Jika Muncul 3 Tanda ini, Segera Ganti Wiper Mobil Anda

PortalMadura.Com – Salah satu komponen mobil yang harus diperiksa saat musim hujan yaitu wiper. Alat ini sangat membantu untuk membersihkan kaca bagian depan dan belakang mobil ketika terkena air hujan. Sehingga pandangan pengendara tidak terhalangi tetesan air hujan.

Biasanya saat musim panas pengendara mobil sangat jarang menggunakan komponen ini. Sehingga terkadang performa karet untuk menghapus air yang mengalir di kaca tak lagi maksimal.

Jika hal itu terjadi, Anda perlu mengganti wiper mobil. Namun, sebelum Anda melakukan hal itu, Anda harus tahu tanda-tanda wiper perlu diganti. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Hyundai Indonesia, berikut ciri-ciri wiper yang harus Anda ganti.

Wiper Meninggalkan Bekas

Jika wiper meninggalkan bekas atau tidak menyapu bersih permukaan kaca, sudah pasti komponen ini perlu diganti.

Hal ini bisa terjadi karena karet wiper sudah getas, kering, ataupun pecah-pecah yang menyebabkan permukaan penyekaannya tidak maksimal seperti sedia kala.

Wiper Menimbulkan Bunyi

Bunyi pada saat menyeka kaca juga bisa menandakan wiper sudah harus diganti. Bunyi ini ditimbulkan dari karet wiper yang sudah mengeras.

Selain tidak memaksimalkan penyekaan kaca, wiper pada kondisi ini juga bisa menimbulkan baret jika dibiarkan terlalu lama.

Wiper Terhambat Bergerak

Wiper yang digunakan tidak berjalan mulus. Hal ini menandakan wiper juga perlu diganti karena karet seakan-akan terhambat dan lengket di permukaan kaca.

Melalui tiga indikator ini disarankan segera melakukan solusi dengan pergantian karet atau dengan batang wiper.

Pemilik kendaraan juga bisa melakukan langkah preventif, dengan mengganti komponen ini setiap enam bulan sekali. Hal ini dinilai tepat karet wiper yang setiap hari terpapar sinar matahari, suhu panas, dan suhu dingin akan rusak secara perlahan.

Tak lupa, isi juga tabung air wiper pada mobil agar bisa menyeka kotoran yang menempel di kaca saat diperlukan.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Liputan6.Com

Komentar