3 Penyakit Hati Menurut Islam

Avatar of PortalMadura.com
3 Penyakit Hati Menurut Islam
Ilustrasi (UMMA)

PortalMadura.Com – Menurut agama , akan membawa kesengsaraan. Penyakit hati sering diidentikkan dengan sifat buruk atau tingkah laku tercela. Sehingga seseorang akan menyimpang ke jalan kesesatan.

Ada banyak jenis penyakit hati yang wajib dihindari umat Muslim. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari Sindonews, berikut beberapa penyakit hati yang harus Anda jauhi.

Hasad

Sifat hasad merupakan bentuk pengingkaran akan ketentuan dan ketetapan Allah SWT yang telah menetapkan takdir setiap makhluk-Nya. Maka orang yang memiliki sifat hasad akan bersikap tidak senang atas kenikmatan yang Allah karuniakan kepada seseorang.

Tamak

Sedangkan tamak atau rakus banyak menyebabkan seorang hamba terjerumus kepada hal-hal yang dimurkai oleh Allah SWT. Namrud, Fir'aun, dan Qarun merupakan contoh orang-orang yang tamak, rakus akan kekuasaan maupun rakus akan harta.

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan: “Barang siapa yang terbebas dari tiga sifat ini, maka dia akan terlindung dari segala macam kejelekan. (Ketahuilah), kekafiran itu berasal dari sifat sombong. Maksiat berasal dari sifat tamak. Sikap melampaui batas dan kezaliman berasal dari sifat dengki (hasad).”

Sifat tamak atau rakus membuat seseorang mudah terjerumus dalam maksiat. Lihatlah bagaimana Nabi Adam Alaihissalam bisa keluar dari surga, sebabnya adalah memakan tanaman yang haram untuk dimakan. Maksiat ini berasal dari sifat tamak.

Sedangkan sifat hasad (dengki atau iri) akan membuat seseorang melampau batas dan berbuat zalim pada orang lain.

Menurut beberapa ulama hikmah, sifat hasad (dengki) merupakan sifat tercela pertama yang ada dalam diri seorang makhluk. Sedangkan sifat tamak merupakan ambisi untuk mendapatkan segala hal yang diinginkannya dengan berbagai cara apa pun, ia tidak mempedulikan apakah dengan caranya tersebut dapat mendatangkan rahmat AllahSWT atau justru mengundang amarah-Nya.

Sifat hasad dan tamak merupakan hasil dari tidak bersyukurnya seorang hamba atas nikmat dari Allah SWT. Manusia yang memiliki sifat hasad dan tamak akan selalu memandang segala nikmat dari Allah terhadap dirinya adalah sesuatu hal yang remeh, sedangkan ia memandang atas karunia dan nikmat dari Allah terhadap orang lain adalah sesuatu hal yang agung.

Sombong

Kemudian sifat sombong yang membuat iblis tetap dalam kekafirannya. Dari Abdullah bin Abbas, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR Muslim)

Sifat sombong ini pula yang membuat seseorang sulit masuk surga yang penuh kelezatan. Dari Abdullah bin Mas'ud, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak akan masuk surga yaitu orang yang dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar semut kecil.” (HR Muslim). Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.