Jika Sudah Punya Keluarga, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Belanja

  • Bagikan
Jika-Sudah-Punya-Keluarga,-Perhatikan-5-Hal-Ini-Saat-Belanja
Ilustrasi (grid.id)

PortalMadura.Com – Saat masih single atau sendiri nuansanya akan berbeda ketika sudah berpasangan, khususnya kalau berbelanja. Jika masih sendiri, Anda mungkin hanya membeli kebutuhan pribadi. Namun saat sudah berkeluarga, tentu Anda akan mikir dua kali untuk membelanjakan uangnya bukan?.

Karena, tidak bisa dipungkiri kebutuhan semakin banyak, belum lagi jika ada buah hati. Lebih-lebih Anda mungkin akan melupakan kebutuhan diri sendiri demi keluarga, setuju gak?. Jadi, ada banyak perbedaan mindset sebelum dan sudah berkeluarga saat berbelanja kebutuhan rumah tangga.

Kira-kira Anda juga mengalami hal yang sama tidak?, jika penasaran, cek di bawah ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (16/11/2021) dari laman Idntimes.com:

Cek Diskon Dulu

Sebenarnya sih sebelum berkeluarga sepertinya juga suka diskon ya? Tapi, kalau udah mulai berkeluarga, semua barang yang dibutuhkan rasanya kalau bisa cari yang diskonan. Caranya gimana? Menahan diri untuk ketemu dengan waktu-waktu tertentu yang store tersebut mengeluarkan diskon.

Kalau gak sih biasanya menunggu di e-commerce kesayangan mengadakan promo-promo menarik yang bisa beli barang kebutuhan dengan harga yang miring. Mulai dari kebutuhan dapur, kamar mandi, kebersihan rumah, dan lain-lain.

Mencatat Kebutuhan Semua Anggota Keluarga

Ngomongin kebutuhan, kalau saat masih jomblo alias sendiri sih mungkin sangat gampang nge-list kebutuhan diri sendiri. Tapi, kalau sudah berkeluarga makin banyak nih yang perlu dicatat. Mungkin Anda perlu mencatat kebutuhan pasangan dan si Kecil saat belanja bulanan.

Selain bahan makanan, personal care, hingga peralatan rumah yang tiba-tiba rusak atau sudah gak bagus lagi untuk digunakan. Pasti ada aja tuh barang yang begitu-begitu, ya tidak? Bikin sebel dan males bukan?.

Cari Peralatan Rumah yang Awet

Nah karena ada peralatan rumah yang suka rusak, makanya kalau sudah berkeluarga tuh biasanya mencari juga barang yang awet. Kalau sudah awet sudah pasti bagus dan tidak perlu keluar uang lagi untuk gonta-ganti. Gak apa-apa agak mahal sedikit, tapi kalau awetnya bisa sepanjang masa, kenapa gak? Terutama pada peralatan di dapur.

Suka Banget Nego Harga

Biasanya kalau sudah berkeluarga tuh mulai semakin piawai untuk nego-nego harga. Apakah Anda pernah melakukannya? Sampai-sampai kalau nego bisa 70 persen turun dari harga awal.

Tapi, sepertinya ini adalah skill yang dibutuhkan di abad ke-21. Bisa menegosiasi harga agar hidup lebih hemat. Biasanya sih teknik nego yang sering terjadi adalah dengan berkata, “Udah langganan nih saya beli di sini, masa harganya ga bisa turun? Ayolah biar laris!”. Kalau kamu gimana caranya?.

Selalu Survei Harga

Saat semakin berkeluarga Anda semakin membanding-bandingkan harga dari satu tempat ke tempat lainnya. Melihat barang yang sama tapi jika harganya berbeda, akhirnya memiliki kecenderungan untuk memilih harga yang lebih murah.

Pernah gak Anda merasakan membeli barang-barang dapur atau kamar mandi jika menemukan harga lebih murah Rp1 ribu aja dari suatu tempat, pasti langsung beli di tempat yang lebih murah? Karena meski hanya seribu, bisa lebih hemat.

Kalau Anda yang sudah berkeluarga kira-kira apa yang harus diperhatikan saat berbelanja sesuatu?.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.