Jok Mobil Anda Kulit Sintetis? Kenali Jenis Noda yang Sulit Dihilangkan Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Jok Mobil Anda Kulit Sintetis? Kenali Jenis Noda yang Sulit Dihilangkan Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kenyamanan dalam perjalanan memang sangat dibutuhkan oleh pengendara, tidak terkecuali dengan kenyamanan tempat duduk yang menjadi tumpuan seseorang. Akan tetapi, menjadi tidak enak dipandang bila tempat duduk atau pelapis jok mobil menjadi terlihat kusam dan jelek lantaran noda yang menempel. Hal ini tentu akan membuat pemiliki merasa resah melihatnya.

Akibatnya, sebagian pemilik mobil rela mengeluarkan uang hanya demi mengganti jok mobil dengan bahan kulit sintetis agar mudah dalam membersihkan kotoran yang menempel.

Sebagaimana yang diungkapkan Development Manager PT Polystar International selaku produsen kulit sintetis MBtech, Edi Pamungkas, bahwa membersihkan pembungkus jok yang terbuat dari kulit sintetis memang cukup mudah, yaitu hanya menggunakan air biasa.

“Mudah kalau jok kulit, karena kan sifatnya tidak menyerap air. Misalnya terkena noda, langsung bersihkan pakai air dan menggunakan lap saja,” ungkapnya.

Selain itu, membersihkan juga bisa dilakukan dengan menggunakan sabun bayi atau sabun cuci tangan yang banyak dijual di toko.

Sayangnya, pelapis kulit sintetis sulit dibersihkan jika terkena noda minyak atau pulpen. Sebab, kotoran berminyak seperti saus tomat bisa langsung menyerap dan merusak bagian pelapis jok kulit. Hal yang sama juga terjadi pada tinta pulpen.

“Kalau bisa, ketika kena itu langsung dibersihkan pakai air hangat dan lap. Jangan dibiarkan lama mengendap. Kalau kena pulpen, mending didiamkan. Kami belum menemukan formulanya. Kami juga pernah coba bersihkan, tapi tidak bisa,” kata Edi.

Menurut Edi, jika ada pembersih klaim yang mengatakan bisa menghilangkan noda pulpen hingga bersih dan lapisan tetap bagus itu awalnya. Lama kelamaan, pasti akan merusak jok kulit. (viva.co.id/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.