oleh

Jurnalis Dan Tentara Kompak Bangun Rumah Warga

PortalMadura.Com, Pamekasan – Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Kodim 0826 Pamekasan, Madura, Jawa Timur bersama dengan insan pers yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Pamekasan (AJP) dibantu oleh warga, kompak membangun rumah tidak layak huni milik Pak Mahra’i (60) warga Dusun Tocempah, Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Pamekasan, Senin (24/11/2014).

Sejumlah anggota TNI yang berpakaian loreng-loreng, para Jurnalis dan warga, dengan semangat gotong royong membongkar rumah berukuran 4×3 yang terbuat dari gedek dan dindingnya sudah bolong dimakan rayap. Setelah itu, rumah tersebut kembali dibangun dengan ukuran 4,5×6 meter.

Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Arm Mawardi Ari Arumbinang, S.AP mengatakan, bedah rumah yang dilakukan itu merupakan tindak lanjut dari kunjungannya seminggu sebelumnya ke rumah tidak layak huni tersebut, dan melihat kondisi rumah Pak Mahra’ie sudah tidak layak untuk ditempati, akhirnya ia memutuskan untuk membangun rumah itu.

“Ini adalah tindak lanjut dari kunjungan saya sebelumnya, jadi hari ini kita mulai pembangunannya,” katanya.

Menurutnya, saat ini Kodim 0826 Pamekasan tidak memiliki program bedah rumah, sehingga pendanaan pembangunan rumah itu dilakukan secara swadaya.

“Rata-rata biaya tiap rumah sekitar Rp 5 juta, dengan bantuan bermacam mulai dari bahan bangunan hingga berupa uang untuk dibelikan perlengkapan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Aliansi Jurnalis Pamekasan (AJP) Muhammad Zuhri juga mengatakan, pihaknya sangat senang bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan sosial bedah rumah bersama Dandim 0826 Pamekasan itu. Sehingga dengan program tersebut, pihaknya bisa berbuat nyata untuk masyarakat miskin.

“Kami tentu sangat senang bisa menjadi bagian dari kegiatan sosial ini, dan diharapkan kegiatan itu tidak hanya hari ini,” katanya pendek. (reiza/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE