Kadin Sumenep Sebut Ketersediaan Pangan Aman Jelang Ramadan 1443 H

Avatar of PortalMadura.com
Kadin Sumenep Sebut Ketersediaan Pangan Aman Jelang Ramadan 1443 H
dok. Ketua Kadin Sumenep, Hairul Anwar

PortalMadura.Com, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memprediksi ketersediaan kebutuhan pangan menjelang Ramadan 1443 H dalam kondisi aman dan stabil.

“Mulai dari awal Ramadan sampai Lebaran nanti diprediksi aman bagi warga Sumenep,” kata Ketua Kadin Kabupaten Sumenep Hairul Anwar, Kamis (31/3/2022).

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan pelaku ekonomi, bahwa warga Sumenep tidak perlu panik terhadap ketersediaan kebutuhan pangan.

Pemerintah daerah bersama Kadin, kata dia, akan aktif melakukan upaya agar kebutuhan pangan terus stabil dan aman tidak hanya pada bulan Ramadan. “Kita akan memastikan kebutuhan itu aman sampai akhir tahun 2022,” ujarnya.

Kebutuhan lainnya, seperti minyak goreng dan daging masih aman meskipun ada kenaikan harga akibat distribusi barang melambat dan harga BBM naik pada masa pandemi.

Pihaknya menduga, kenaikan harga tersebut dampak perang diluar negara. Rusia, kata dia, sebagai pemasok energi terbesar dunia, hampir 26 persen. “Itu diduga imbas saja. Nah di sinilah yang harus kita jaga agar tidak berdampak pada warga Sumenep,” katanya.

Sisi lain, pihaknya meminta UMKM untuk terus menjaga ketersediaan kebutuhan pasar. Dan jangan sampai barang ada, tapi harga naik. Ini jangan sampai terjadi di Sumenep,” tandasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.