Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka bagi Tubuh Manusia

Rewriter:Alfatihiyatul FatiEditor: Firman Ghazali A.
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka bagi Tubuh Manusia
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka bagi Tubuh Manusia

PortalMadura.com- Semangka merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun afrika bagian selatan. tanaman semangka ini masih sekerabat dengan labu-labuan, melon dan mentimun. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar dan dibuat jus, karena semangka mempunyai rasa khas yang manis.

Tak hanya menyegarkan tubuh, semangka juga mempunyai segudang nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Bahkan memakan buah semangka sangat menyehatkan asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka bagi Tubuh Manusia

Kandungan Nutrisi pada Buah Semangka

Di dalam 100 gram semangka, terkandung sekitar 30 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Kalium
  • Berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamib B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C.

Kalori pada buah-buahan biasanya didapatkan dari karbohidratnya. Karena semangka memiliki sedikit karbohidrat, maka tak heran bila kalori pada buah semangka ini cenderung rendah.

Karbohidrat pada buah semangka kebanyakan berbentuk gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan juga sukrosa. Sementara kandungan serat dalam buah semangka sangat sedikit, jadi buah semangka bukan pilihan yanmg tepat bagi tubuh yang memerlukan asupan serat yang banyak.

Selain itu, semangka juga mempunyai kandungan amino citrulline dan berbagai jenis antioksidan, seperti beta karoten, likopen, dan cucurbitacin E.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa didapat dari mengkonssumsi buah semangka:

  • Menurunkan tekanan darah

Kandungan citrulline yang ada dalam buah semangka yang nantinya diubah menjadi arginin dalam tubuh mempunyai peran yang sangat penting dalam mengatur tekanan darah. Asam amino yang terkandung dapat membantu produksi oksida nitrat, molekul gas yang dapat membuat otot-otot di sekitar pembuluh darah bisa menjadi rileks dan merenggang.

Hal tersebut dapat menyebabkan tekanan pada darah menurun sehingga semangka sangat bagus untuk orang-orang penderita hipertensi.

  • Menyehatkan jantung

Buah semangka dapat menurunkan tekanan darah, secara tidak langsung juga mempunyai dampak positif pada kesehatan jantung. Mengkonsumsi semangka terbukti dapat menurunkan resiko serangan jantung namun harus disertai dengan pola hidup yang sehat.

  • Mencegah dehidrasi

Semangka mengandung sekitar 91% mineral dantergolong buah yang sangat baik untuk mencegah dehidrasi. Saat hari panas atau sehabis melakukan aktivitas yang berat cobalah makan beberapa potong buah semangka agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

  • Menurunkan resiko kanker

Semangka yang kaya akan likopen, antioksida yang sangat kuat dan bagus bagi kesehatan. selain kandungungan likopen, buah semangka juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Antioksida dikenal sebagai zat yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh sehi9ngga menurunkan resiko penyakit kanker. Selain ity, antioksida juga mempunyai peran besar dalam hal perbaikan sel maupun mencegah terjadinya infeksi.

  • Mengurangi resistensi insulin

Insulin merupakan salah satu hormon yang berperan penting dalam mengontrol gula darah. Resistensi insulin merupakan keadaan ketika sel yang ada dalam tubuh menjadi resisten atau tidak merespon efek insulin.

Hal ini disebabkan karena kadar gula dalam darah meningkat sehingga dapat memicu terjadinya diabetes melitus tipe 2.

Resistensi Insulin ternyat bisa dicegah dengan asupan arginin yang cukup. Sedangkan semangka mempunyai kandungan citrulline yang bisa diubah menjadi arginin dalam tubuh sehingga dapat mengurangi terjadinya resistensi.

  • Meredakan nyeri otot dan melindungi sendi

Citrulline dapat mengurangi kelelahan pada otot setelah melakukan olahrag berat. Hal ini bisa mencegah terjadinya nyeri otot, baik yang diakibatkan oleh olahraga maupun aktivitas berat lainnya.

selain itu, semangka juga memiliki pigmen bernama beta-cryoxanthin yang bisa melindungi sendi dan peradangan sehingga terhindar dari arthritis.

  • Membantu menurunkan berat badan

Semangka memiliki sedikit kalori yang mengandung mineral. Orang dewasa yang kelebihan berat badan akan merasa lebih kenyang memakan semangka dibanding mengkonsumsi kue dengan rendah lemak.

Tak hanya kenyang, tapi juga terjadi penurunan berat badan sehingga semangka sangat bagus bagi anda yang sedang menjalankan diet.

  • Menyehatkan mata

Kesehatan mata sangata dipengaruhi oleh asupan vitamin A, dan mengkonsumsi semangka bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sepotong semangka ukuran medium diketahui dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian hingga 9-11%.

  • Bagus untuk kesehatan kulit

Vitamin A dan C yang terkandung dalam buah semangka bisa membuat kulit tubuh terasda lebih lembut dan kenyal. Karena kandungan semangka yang banyak mengandung air, semangka juga bisa dijadikan masker wajah agar kulit terlihat lebih sehat, segar, dan tidak terlihat kering maupun kusam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.