Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Siwalan

Avatar of PortalMadura.Com
Penulis: Tim PortalMadura.com
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Siwalan
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Siwalan

PortalMadura.Com, Sumenep – Dalam 100 gr buah , mengandung Total gula 10.93, Gula reduksi 0.96, Protein 0.35, Nitrogen 0.056, pH 6.7-6.9, Specific gravity 1.07, Mineral sebagai abu 0.54, sedikit kalsium, Fosfor 0.14, Besi 0.4, Vitamin C 13.25 dan Vitamin B1 (IU) 3.9

Dari banyaknya kandungan gizi dari , dapat dimanfaatkan untuk  pengobatan sakit lever. Adapun arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.

Buah siwalan bisa digunakan sebagai obat kulit atau dermatitis, bagian buah untuk obat satu ini adalah bagian buahnya.

Akar yang terdiri atas ekstrak akar muda untuk melancarkan air seni dan obat cacing. Rebusan akar muda (decontion) untuk mengobati penyakit yang terkait dengan pernapasan.

Kandungan buah siwalan berupa sukrosa, air dan glukosa dapat dijadikan sumber bagi tubuh yang rendah akan lemak, protein maupun serat.

Bagian dari akar buah siwalan berguna untuk obat cacing dan melancarkan air seni. Merebus akar yang masih muda dan meminum air rebusannya juga bisa menjadikannya obat pada penyakit berupa gangguan pernapasan.

Legen atau nira yang telah difregmentasi mampu membantu menormalkan kerja fungsi ginjal, mengobati impotensi karena legen ini bersifat menambah air mani dalam tubuh.

Meringankan Masalah Pencernaan

Manfaat buah siwalan yang pertama adalah meredakan masalah pencernaan.

buah siwalan adalah obat alami untuk banyak masalah perut dan pencernaan.

Buah ini membantu menghilangkan sembelit dan membantu buang air besar secara teratur. Buah ini juga membantu mencegah keasaman dan mulas.

Mengatasi masalah yang berhubungan dengan kulit

Manfaat buah siwalan yang kedua adalah untuk mengatasi masalah kulit. Buah kurma adalah obat yang sangat baik untuk berbagai masalah kulit yang terjadi selama bulan-bulan musim panas, seperti biang keringat dan biang keringat.

Menerapkan pulp ke area yang terkena memiliki efek menenangkan.

Buah ini juga membantu meredakan gatal-gatal akibat panas. Sifat anti-inflamasi buah sangat bagus untuk mengobati kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh panas.

Menyejukkan Tubuh

Manfaat buah siwalan yang ketiga adalah menyejukkan tubuh. Buah siwalan adalah buah penyejuk alami yang membantu tubuh tetap sejuk di hari musim panas.

Buah ini juga membantu mencegah banyak masalah terkait panas seperti ruam panas, dehidrasi, kulit kering, gagal ginjal, dan rambut rontok.

Tidak hanya menghidrasi tubuh, tetapi juga membantu menggantikan nutrisi dan elektrolit yang hilang melalui keringat berlebih.

Menurunkan berat badan

Manfaat swaranga yang keempat adalah membantu menurunkan berat badan.

Buah siwalan merupakan buah yang rendah kalori sehingga bermanfaat bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Kaya akan air, buah ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Ini pada gilirannya akan membantu mencegah Anda ngemil terlalu sering, sehingga menjaga berat badan yang sehat.

Obat Herbal Banyak Penyakit

Manfaat buah siwalan yang kelima adalah dapat digunakan sebagai obat rumahan untuk berbagai penyakit. Buah siwalan memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan.

Daging buahnya membantu mengobati peradangan kulit. Buahnya juga digunakan untuk mengobati mual dan muntah serta infeksi cacing.

Manfaat lainnya adalah sebagai ekspektoran dan tonik hati.

Kaya fitonutrien

Buah siwalan kaya akan berbagai fitokimia yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat.

Senyawa ini dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mengurangi risiko masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung dan kanker.

Mengobati migrain

Migrain adalah yang paling menyakitkan dari semua sakit kepala. Kandungan obat alami siwalan atau gula aren dapat membantu meredakan nyeri yang berhubungan dengan migrain.

Ambil 1 sdt. Gula aren dan Anda akan terbebas dari migrain.

Mencegah diabetes

Gula aren adalah alternatif yang sehat untuk gula buatan karena indeks glikemiknya yang rendah sehingga membantu mencegah diabetes.

Konsumsi gula aren dilaporkan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Namun, penderita diabetes harus mewaspadai konsumsi gula aren dengan kadar yang sangat rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.