Kapal Mila Jawa Indah Karam di Pelabuhan Gayam

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com, – Kapal Layar Motor (KLM) Mila Jawa Indah tenggelam di Pelabuhan Gayam (Pulau Sapudi), Kabupaten Sumenep, Madura, pukul 10.00 WIB, Senin (31/10/2022).

“Mengalami bocor pada lambung kapal akibat membentur karang sehingga karam,” terang Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti S.

Kapal penumpang tradisional itu dinahkodai Marhawi (69) warga Desa/Kecamatan Gayam, Sumenep, berpenumpang 77 orang dan 6 di antaranya anak-anak dengan 7 anak buah kapal (ABK). Semuanya 84 orang dan tanpa bermuatan barang.

Menurut Widiarti, kapal yang memiliki volume 46 gross tonnage (GT) akan berlayar menuju pelabuhan Kalbut Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo.

“Baru beberapa meter bergerak dari tempat lego jangkar, lambung kapal terkena benturan batu karang dan mengalami bocor,” terangnya.

Melihat , warga Pelabuhan Gayam dan para pemilik perahu tambangan dengan cepat membantu untuk mengevakuasi para penumpang KLM Mila Jawa Indah.

“Seluruh penumpang berhasil dievakuasi ke dermaga serta tidak ada korban jiwa dan semuanya selamat,” katanya.

Pemilik kapal, Kusmiyati (49) warga Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Situbondo, ditaksir mengalami kerugian hingga Rp500 juta.

Sementara, petugas lalu lintas angkutan laut Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sapudi, Sumenep Wahid Hasyim Asyari menambahkan, saat kejadian kondisi angin tenang dan tidak berombak.

Sedangkan karakteristik perairan sekitar kedalaman 6 meter. Dan pihak kapal sudah melengkapi dengan alat navigasi, life jacket 85 buah, pemadam dan alkon masing-masing 1 buah.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.