Kaya Akan Nutrisi, Buah Srikaya Baik Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Kaya Akan Nutrisi, Buah Srikaya Baik Untuk Kesehatan
Ilustrasi (rumahsehat26.blogspot.com)

PortalMadura.Com – Srikaya adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Ekstrak alami dari buah, daun, dan kulitnya banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti dalam industri makanan dan kosmetik hingga sebagai pengobatan herbal.

Sehingga manfaat srikaya untuk kesehatan amatlah beragam. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Minggu (02/5/2021), berikut manfaat srikaya untuk kesehatan:

Meningkatkan

Karena mengandung antioksidan polifenol dan vitamin C yang cukup banyak, bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kuat melawan infeksi, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Mengurangi

Untuk mengurangi radikal bebas, tubuh membutuhkan asupan antioksidan yang cukup. Salah satu cara mendapatkan antioksidan adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, termasuk buah srikaya.

Mencegah

Manfaat srikaya untuk mencegah penyakit kardiovaskular adalah dengan mencegah hipertensi. Efek ini diduga berkat kandungan kalium, magnesium, antioksidan, serta serat di dalam buah srikaya.

Menjaga Gula Darah Agar Tetap Stabil

Ekstrak buah srikaya juga mampu menjaga kestabilan kadar gula darah dan menurunkan dosis penggunaan insulin. Oleh sebab itu, buah srikaya tetap baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Membasmi Kutu Rambut dan Ketombe

Ekstrak biji srikaya yang diaplikasikan bersamaan dengan minyak kelapa terlihat ampuh untuk mengobati kutu rambut dan ketombe. Namun, penggunaannya harus hati-hati dan jangan sampai terkena mata karena bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan mata. Saat terkena mata, ekstrak biji srikaya berpotensi menyebabkan keratitis.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Srikaya merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Kandungan antioksidan dan karbohidrat kompleks pada srikaya juga menjadikan buah ini bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan kuman baik di dalam usus.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.