Kebiasaan Buruk Ini Bikin Usia Kopling Jadi Lebih Singkat

Avatar of PortalMadura.com
Kebiasaan Buruk Ini Bikin Usia Kopling Jadi Lebih Singkat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Penggunaan mobil bertransisi otomatis kini semakin banyak peminatnya karena dianggap lebih nyaman. Tapi walaupun demikian, mobil bertransmisi manual juga tidak kalah banyak pencintanya.

Hal ini lantaran transmisi manual memiliki beberapa kelebihan seperti konsumsi BBM yang lebih irit. Namun yang menjadi masalah adalah masih banyak pengemudi yang kurang mengetahui atau bahkan salah dalam mengoperasikan sistem transmisi ini. Salah satu masalah yang biasa muncul ialah kerusakan pedal kopling.

Menurut situs resmi Toyota Indonesia, kerusakan tersebut bisa saja disebabkan akibat kesalahan sepele yang dilakukan oleh pengemudi, sehingga membuat usia kopling jadi lebih singkat.

Kesalahan itu antara lain menginjak pedal kopling sepanjang perjalanan. Hal itu acap kali terjadi karena pengemudi malas mengangkat kaki dari pedal kopling dan berpindah saat ingin kembali menginjak pedal. Akibatnya, proses keausan pada release bearing dan pelat kopling makin cepat.

Faktor Lain Perusak Kopling
Faktor lain yang juga berisiko merusak kopling adalah menginjak pedal tidak penuh (setengah kopling) sembari menekan gas agar mobil tidak bergerak turun di tanjakan.

Upaya ini membuat seluruh komponen yang ada di dalam sistem kopling manual jadi cepat rusak. Tentu biasanya yang terdampak terlebih dahulu adalah pelat kopling, bahkan di kondisi ekstrem bisa tercium bau gosong.

Gunakan rem tangan untuk menahan laju mobil di jalanan menurun. Perlakukan pedal kopling secara halus biar awet dan bekerja optimal.

Cara Menghindari Kerusakan Kopling
Untuk menghindari masa pakai kopling yang singkat, sangat disarankan untuk melepas kaki dari pedal kopling setelah memindahkan gigi transmisi.

Pastikan juga bahwa injakan kaki menekan sempurna agar roda gila (flywheel) dan pelat kopling tidak lagi terhubung. Gunanya agar memasukkan gigi transmisi jadi lebih mudah dan mengurangi risiko aus.

Setelah memindahkan tuas transmisi, lepaskan pedal kopling secara bertahap dan selaraskan dengan injakan pedal gas. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.