Kehujanan? Coba Lakukan 5 Tips Ini agar Tidak Sakit

Avatar of PortalMadura.Com
Kehujanan? Coba Lakukan 5 Tips Ini agar Tidak Sakit
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat musim hujan, sering sekali kamu karena turunnya kadang tak terduga. Kadang Anda melihat awan sudah gelap, tapi tidak hujan. Sedangkan saat langit cerah, bisa saja tiba-tiba turun hujan. Akibat dari turunnya hujan yang tak dapat diduga tersebut, Anda menjadi kehujanan.

Seringkali Anda tidak membawa payung ataupun jas hujan ketika Anda merasa hari ini tidak akan turun hujan, hanya karena melihat cuaca yang cerah. Katanya, hujan-hujanan bikin Anda sakit, karena air hujan mengandung banyak kuman dan bakteri.

Lantas, bagaimana jika kehujanan? Tenang, Anda bisa melakukan berbagai cara supaya tidak sakit setelah kehujanan, kok. Saat bepergian keluar, hujan turun tiba-tiba. Anda lupa membawa payung atau jas hujan dan kepalang tanggung hampir sampai tujuan. Anda kemungkinan akan memilih untuk melanjutkan perjalanan.

Meski sampai tujuan lebih cepat, tubuh yang kebasahan karena hujan bisa membuat Anda sakit, misalnya demam, flu, atau pilek. Bahkan, sekali pun Anda memakai payung, hujan yang cukup deras dan angin kencang tetap bisa membuat tubuh basah. Supaya Anda tidak sakit setelah kehujanan, segera lakukan beberapa langkah berikut ini.

Segera lepas pakaian yang basah
Salah satu alasan kenapa Anda bisa sakit setelah kehujanan yaitu suhu tubuh menurun akibat kebasahan dan kedinginan. Turunnya suhu tubuh dapat mengakibatkan sistem imun sedikit melemah. Akibatnya, virus tersebut pun akan menang dan menyebabkan infeksi di dalam rongga hidung.

Anda pun bisa terkena berbagai penyakit, seperti sakit tengorokan, hidung tersumbat, batuk, dan demam. Supaya Anda tidak kedinginan karena kehujanan dan sistem imun tidak melemah, Anda harus melepaskan pakaian Anda yang basah.

Mandi air hangat dan keringkan tubuh
Setelah melepas pakaian yang basah, sebaiknya Anda membersihkan diri segera. Kenapa? Tindakan ini dapat menghilangkan semua kuman yang menempel di kulit, baik itu dari genangan air hujan atau jalan yang berlumpur.

Selain itu, mandi air hangat setelah kehujanan juga membantu Anda menaikkan suhu tubuh. Namun, ingat jangan terlalu lama, cukup 10 hingga 15 menit saja supaya kulit tidak kering. Selanjutnya, keringkan tubuh terutama rambut Anda.

Pakai baju yang cukup hangat
Seteah hujan turun, suhu di ruangan juga akan menurun. Supaya Anda tidak kedinginan dan suhu tubuh tidak menurun, dianjurkan menggunakan pakaian yang lebih tebal. Pakaian ini dapat menghangatkan tubuh Anda dan mencegah Anda sakit setelah hujan.

Makan makanan yang hangat dan istirahat
Menghirup udara kering dan dingin menyebabkan pembuluh darah di saluran pernapasan bagian atas menyempit, membuat Anda bernapas lebih hemat. Untuk itu, Anda perlu menghirup udara yang lebih lembap dan hangat.

Cobalah untuk membuat teh hangat dan hirup beberapa kali sebelum diminum supaya jalan pernapasan lebih lancar. Supaya sistem imun Anda lebih kuat, istirahat secukupnya. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari sakit setelah kehujanan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.