Keistimewaan dan Keajaiban Air Zamzam

Avatar of PortalMadura.com
Keistimewaan dan Keajaiban Air Zamzam
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan minuman suci yang ada di Mekkah atau berasal dari sumur zamzam yang terletak di dekat dan memiliki sejuta manfaat bagi kehidupan. Dilansir dari Okezone.com, Kamis (22/8/2019), minuman ini adalah makanan dari semua makanan, artinya berbagai macam makanan dan unsur-unsur bermanfaat ada dalam air zamzam.

Tidak heran, jika umat Islam di seluruh penjuru dunia atau jemaah haji dan umrah tidak pernah melewatkan untuk mengambil air istimewa tersebut. Sehingga setiap umat Muslim yang ada di tanah suci mekkah, menjadikan minuman ini sebagai salah satu tujuan yang diburu, seperti halnya kurma. Kesegaran air zamzam memang sudah tidak diragukan lagi.

Keistimewaan air zamzam, yaitu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, serta keberkahan yang melimpah bila Anda meminumnya. Dari Abu Dza RA, Rasulullah bersabda: “Air zamzam berguna untuk tujuan apa ia diminum. Jika engkau meminumnya untuk tujuan kesembuhan, niscaya Allah menyembuhkanmu. Jika engkau meminumnya untuk memperoleh perlindungan, niscaya Allah melindungi. Dan jika engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, niscaya Allah menghilangkan dahagamu”.

Bahkan, keistimewaan air zamzam juga disebutkan dalam ayat Alquran: “Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih,” (QS. Al-Furqon : 48).

Tidak hanya itu saja, sebagaimana diketahui jika air zamzam bukan hanya memiliki keutamaan dan berkahnya saja. Terdapat juga keutamaan lainnya, seperti: “Dari Jabir dan Ibnu ‘Abbas, Rasulullah bersabda,”Air Zam-Zam, tergantung niat orang yang meminumnya”.

“Dari Ibnu ‘Abbas r.a, Rasulullah bersabda: “Air Zamzam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya. Air Zamzam adalah galian Jibril, dan curahan minum dari Allah kepada Ismail”.

Selain hadis dan ayat Alquran di atas, seorang peneliti yang berasal dari Universitas Yokohama Jepang, Dr Masaru Emoto, membuktikan secara ilmiah pada 1994 bahwa air zamzam memiliki struktur molekul air yang unik. Temuannya tersebut dipublikasikan dalam bukunya yang cukup laris di Jepang dan Amerika, yaitu “The True Power of Water“.

Dr Masaru Emoto, menjelaskan dalam bukunya, dari hasil analisa bahwa setiap air punya sifat sensitif namun juga reaktif. Jika dibacakan kalimat atau kata-kata yang baik, maka air akan bereaksi positif. Begitupun sebaliknya, bila diucapkan hal-hal buruk, maka reaksinya akan negatif.

Baca Juga: Subhanallah, Ini Misteri Sumur Air Zamzam Yang Jarang Diketahui

Uniknya, Masaru Emoto menggambarkan molekul zamzam nampak seperti kristal yang indah berbentuk heksagonal (segi enam). Maka label baik atau buruknya, akhirnya akan menentukan jenis kristal yang akan terbentuk nantinya.

Selain itu, pihak dari Arab Saudi dan penelitian lainnya mengemukakan, bahwa setiap satu liter zamzam mengandung klorida (159,75 mg), sulfat (140 mg), bikarbonat (398,22 mg), kalium (182,2 mg), kalsium (158,58 mg), dan natrium (318 mg). Kandungan mineral dalam air zamzam juga lebih tinggi, dibandingkan air pada umumnya.

Nah, sebelum Anda meminum air yang penuh berkah ini, ada baiknya membaca doanya terlebih dahulu, yaitu: “Ya Allah, aku mohon kepadaMu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rizki yang luas dan sembuh dari segala sakit dan penyakit pikun dengan rahmatMu ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

Ibnu Tamimiyyah berkata: “Seseorang disunahkan meminum air zamzam hingga benar-benar kenyang, dan berdoa ketika (akan) meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya. Tidak disunahkan mandi menggunakan air zamzam,”.

Adapun keajaiban lainnya, sumur air zamzam tidak pernah kering meskipun setiap hari banyak orang yang selalu mengambil dan minum air tersebut. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.