Keistimewaan Rutin Baca Alquran dalam Kehidupan

Avatar of PortalMadura.com
Keistimewaan Rutin Baca Alquran dalam Kehidupan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Alquran merupakan salah satu mukjizat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada Rasulullah. Mukjizat ini memiliki banyak keutamaan yang terkandung di dalamnya. Seperti dapat memberikan ketenangan, semangat, inspirasi, dan motivasi dalam kehidupan para pembacanya.

Dilansir dari Republika.co.id, Kamis (19/9/2019), dikisahkan pada zaman para sahabat Rasulullah, bahwa suatu hari, seseorang menemui Ibnu Mas’ud, sahabat Rasulullah, untuk meminta nasihat. Katanya: ”Wahai Ibnu Mas’ud, berilah nasihat yang dapat kujadikan sebagai obat bagi jiwaku yang sedang gelisah. Dalam beberapa hari ini, aku merasa tidak sakinah, jiwaku resah, dan pikiranku gundah. Makan tak enak, tidur pun tak nyenyak”.

Maka, Ibnu Mas’ud menasihatinya: ”Kalau itu penyakit yang menimpamu, bawalah dirimu mengunjungi tiga tempat. Pertama, datanglah ke tempat orang yang sedang membaca Alquran. Di sana, engkau ikut membaca Alquran atau cukup mendengarkannya dengan baik. Kedua, pergilah ke tempat majelis taklim yang mengingatkan hati kepada Allah. Ketiga, carilah tempat yang sepi di malam sunyi. Di sana, engkau menyendiri bersama Allah waktu tengah malam buta untuk salat tahajud. Lalu, mintalah kepada Allah ketenangan jiwa, ketenteraman pikiran, dan kemurnian hati”.

Setelah orang tersebut sampai di rumahnya, maka nasihat Ibnu Mas’ud itu langsung diamalkannya. Ia pergi mengambil wudu, kemudian mengambil Alquran dan membacanya. Ia membaca Alquran dengan hati yang khusyuk. Selesai membacanya, berubahlah jiwanya menjadi tenang, pikirannya tenteram, dan kegelisahannya pun hilang berkat bacaan Alquran. Begitulah Alquran merupakan obat penawar.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian” (QS. Al Isra’ : 82).

Selain itu, Rasulullah menegaskan: ”Kepada kaum yang suka berjemaah di rumah-rumah ibadah, membaca Alquran secara bergiliran, dan saling mengajarkan sesama, akan turunlah kepada mereka ketenangan dan ketenteraman, terlimpah kepadanya rahmat, dijaga oleh malaikat, dan Allah akan selalu mengingat mereka” (HR Muslim dari Abu Hurairah).

Maka dari itu, Rasulullah memerintahkan kepada setiap penghuni rumah tangga muslim agar menghiasi rumahnya dengan alunan ayat-ayat suci Alquran. Pasalnya, rumah yang di dalamnya tidak pernah dibacakan ayat-ayat Alquran akan banyak keburukan perilaku, kegersangan jiwa, dan kesempitan pandangan kehidupan.

Baca Juga: 3 Tahap Diturunkannya Alquran oleh Allah SWT

Sedangkan, rumah yang penghuninya selalu rutin membaca Alquran, maka akan tercipta kesejukan jiwa, keluasan dalam memandang kehidupan, dan selalu berpikiran serta berbuat positif. Di sinilah Alquran dikatakan sebagai mukjizat dan rahmat yang tiada taranya bagi manusia dan alam semesta.

Di dalam Alquran terkumpul wahyu Allah yang menjadi petunjuk, pedoman, dan pelajaran bagi siapa saja yang memercayai dan mengamalkannya. Indahnya bacaan Alquran jika umat Muslim dengar dalam sebuah musabaqah. Akan lebih indah lagi dan bermakna kalau diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Wallahu A’lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.