Keistimewaan Selawat Syifa, Salah Satunya Bisa Obati Kegalauan

Avatar of PortalMadura.com
Keistimewaan Selawat Syifa, Salah Satunya Bisa Obati Kegalauan
Ilustrasi (Dream)

PortalMadura.Com – Sejak dahulu, umat Nabi Muhammad SAW dianjurkan untuk selalu berselawat. Salah satu sunah ini tentunya mempunyai keutamaan dalam Islam. Tidak hanya berpahala, namun juga memberikan kebaikan di kehidupan dunia maupun akhirat.

Berbicara tentang selawat, sebenarnya ada banyak jenis selawat yang bisa Anda baca atau amalkan setiap harinya. Salah satunya salawat Syifa yang artinya obat.

Maksudnya, obat di sini bisa untuk penyakit pada tubuh hingga sebagai obat hati yang sedang dilanda kegalauan. Jadi, cocok juga bagi Anda yang sekarang lagi merasa galau dengan keadaan, baik karena masalah cinta ataupun yang lainnya.

Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Masjid Agung Sunda Kelapa, Ustadz Agustin Amirudin mengatakan, salawat syifa ini bisa didawamkan ketika hati sedang gundah dan gelisah.

“Ini juga bisa didawamkan bagi hati yang sedang galau dan resah,” katanya, seperti dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (19/10/2019) dari laman Okezone.com.

Lantas, bagaimana bacaan doanya?. Berikut ini adalah lafal yang bisa Anda amalkan setelah selesai salat wajib atau sunah, yaitu:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Ya Allah limpahkan rahmat kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya“.

Sementara itu, dikutip dari laman resmi NU Online, supaya doa mudah dikabulkan maka sebelumnya harus dimulai dengan memuji Allah SWT terlebih dahulu dan berselawat.

Bahwa dengan membaca selawat, terdapat di dalamnya memiliki berbagai macam fadilah atau keutamaan. Seperti hadis riwayat Amr ibn Ash, yaitu;

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا رواه مسلم ،

Sesungguhnya Amr bin Al Ash RA mendengar Rasulullah bersabda “Barang siapa yang membaca selawat sekali saja, Allah SWT akan memberi rahmat padanya sebanyak sepuluh kali“.

Baca Juga : 5 Syafaat Selawat Ibrahimiyah yang Dibaca dalam Salat

Demikian penjelasan mengenai selawat Syifa sebagai obat hati atau anti galau. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.