Kemenlu Sosialisasikan Rencana Penerapan MEA 2015 di Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Dicky Yunus
Dicky Yunus

PortalMadura.Com, – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melakukan rencana penerapan Masyarakat Ekonomi (MEA) 2015 kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Sumenep, pelaku usaha ekonomi kreatif, dan mahasiswa di Sarana Kegiatan Diklat (SKD), Batuan, Kamis (11/12/2014).

“Tujuan kami untuk mengingatkan kepada semua elemen masyarakat di Sumenep tentang peluang dan tantangan yang akan dihadapi ketika kebijakan Masyarakat ASEAN 2015 sudah diberlakukan,” terang Dicky Yunus, Kasubdit Kerja Sama SDM dan Yayasan ASEAN Direktorat Kerja Sama Fungsional ASEAN Kemenlu, di Sumenep.

Menurutnya, kebijakan Masyarakat ASEAN tersebut akan diberlakukan sejak 31 Desember 2015. Artinya mulai awal 2015, warga Indonesia akan menjadi bagian tak terpisahkan dengan masyarakat Asia Tenggara.

“Selain peluang, sekaligus tantangan bagi warga Indonesia termasuk Sumenep,” ujarnya.

Ia menegaskan, kesempatan kerja itu tidak hanya tenaga kerja Indonesia yang bisa mengisi di ASEAN, tapi sebaliknya masyarakat ASEAN juga bisa mengisi kesempatan kerja di Indonesia.

“Di Sumenep ini banyak potensi yang bisa disiapkan untuk menghadapi masyarakat Asean, makanya kami mengingatkan pemerintah Sumenep,” tuturnya.

Dia berharap pemerintah daerah menyiapkan warganya untuk siap bertarung dalam Masyarakat ASEAN agar tidak hanya menjadi penonton.

“Kami ingin pemerintah daerah menjadi bagian untuk menyiapkan warganya menghadapi Masyarakat ASEAN,” harapnya. (arif/htn).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.