Kenali 10 Manfaat Buah Manggis Putih Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 10 Manfaat Buah Manggis Putih Bagi Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Buah manggis yang sering Anda konsumsi selama ini memiliki warna kulit yang sangat khas yakni merah gelap agak keunguan. Tapi ternyata, ada varian dari buah manggis dengan kulit berwarna putih yang sering disebut dengan manggis putih.

Buah yang memiliki nama ilmiah Garcinia Mangostana, sangat umum ditemukan di Lingsor, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Konon katanya, manggis putih ini adalaj peninggalan raja-raja Bali yang pernah berkuasa di Lombok sekitar abad 18 silam.

Saat masih muda, jenis manggis ini memiliki kulit berwarna dominan putih. Namun ketika hampir matang dan akan panen, maka kulitnya akan berubah warna menjadi agak keunguan seperti manggis pada umumnya. Dari segi rasa, buah ini terasa lebih manis dengan daging lebih tebal dan tekstur renyah sebab kandungan air didalam buah ini tidak sebanyak manggis ungu.

Melansir dari PortalMadura.Com dikutip manfaat.co.id, kandungan dalam manfaat secara garis besar yakni mengandung serat, protein, asam folat, fosfor, manfaat magnesium, kalsium, zat besi, seng, mangan, fosfor, natrium dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin C, B12, A, B6 dan beberapa vitamin lainnya.

Nah, ada banyak manfaat dari buah manggis putih yang baik bagi Anda. Yuks, simak dibawah ini.

Anti Kanker
Xanthones yang terkandung dalam buah manggis putih ini, sangat ampuh untuk solusi kanker dan memiliki efek anti bakteri dan juga anti inflamasi. Xanthones ini akan menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar sehingga baik dikombinasikan dengan obat anti kanker lainnya.

Baca Juga: Tanpa Babibu, Sekawan Orang Bacok Warga Sumenep

Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar, namun buah ini juga sangat baik dikonsumsi untuk melawan jenis kanker lain seperti kanker payudara, kanker prostat dan juga kanker kulit.

Memiliki Sifat Anti Radang
Buah ini memiliki anti inflamasi bahkan juga memiliki sifat anti alergi, sehingga bisa menghambat proses pelepasan histamin dan juga prostaglandin penyebab peradangan pada tubuh sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari peradangan tersebut.

Merawat Kecantikan Kulit
Tidak hanya daging buah yang bisa dimanfaatkan, namun bagian kulit manggis putih juga ampuh dikonsumsi sebagai anti kanker kulit. Solusi kecantikan kulit seperti mengatasi peradangan kulit, mencegah penuaan dini, alergi kulit, eksim dan juga infeksi bakteri didapatkan dari beberapa sifat buah ini seperti anti bakteri, anti inflamasi, anti alergi, antioksidan dan juga anti jamur.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah ini sangat kaya akan nutrisi, vitamin dan juga mineral serta xanthone yang semuanya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah serangan penyakit dari mulai ringan sampai penyakit berat.

Tinggi Akan Antioksidan
Bukan cuma manggis ungu, manggis putih memiliki sumber antioksidan yang sangat kuat untuk meningkatkan imun tubuh. Antioksidan dalam buah ini yakni xanthone memiliki kandungan penguat sel sehingga memiliki nilai obat untuk penyembuhan dan pencegahan berbagai jenis penyakit.

Mempercepat Persembuhan
Manggis putih memiliki sifat anti bakteri dan anti radang sangat baik dikonsumsi, bahkan diterapkan pada kulit untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Daun dan juga kulit pohon buah ini bisa dihaluskan dan diaplikasikan pada area kulit yang terluka atau juga bisa direbus kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk membasuh luka terbuka Anda.

Mengontrol Diabetes
Diabetes yang menjadi penyakit umum pada masa modern ini tidak hanya bisa diatasi dengan obat obatan namun ternyata juga bisa diatasi dengan manggis yakni untuk mengelola dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Kemampuan menurunkan darah buah manggis putih didapat dari asam tannic dan juga proanthocyanidin oligomer atau OPC. OPC ini merupakan metabolit tumbuhan alami yang ada dalam segala jenis buah, sayuran, biji bijian, kacang kacangan, kulit kayu dan juga bunga.

Mengatasi Masalah Jerawat
Manggis juga sudah terbukti menjadi pengobatan alami jerawat karena manfaat antioksidan yang diberikan dari buah manggis putih ini yang bekerja dengan cara mengurangi produksi spesies oksigen reaktif dan mencegah produksi sitokin pro inflamasi pembentuk jerawat.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Meningkatnya stres oksidatif diikuti dengan defisit antioksidan menjadi dua faktor penting penyebab serangan jantung. Efek kardioprotektif dari mangga putih ini yang merupakan turunan xanthon sangat penting untuk menurunkan risiko serangan jantung sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi baik bagi penderita jantung ataupun dalam kondisi sehat untuk pencegahan penyakit jantung dan stroke.

Melancarkan Pencernaan
Semua jenis buah termasuk manggis putih merupakan sumber serat yang sangat baik untuk pencernaan. Mengkonsumsi manggis segar dengan teratur ampuh untuk mencegah sembelit, solusi diare dan juga gangguan sistem pencernaan lainnya. Selain itu, buah ini juga bisa meningkatkan prebiotik dalam usus sehingga penting untuk dikonsumsi.

Ada begitu banyak manfaat manggis putih yang bisa anda dapatkan baik ketika mengkonsumsi daging buah manggis putih, kulit pohon, akar, kulit manggis dan bagian lainnya. Untuk memastikan kandungan tinggi dari buah Indonesia ini, pastikan anda mengkonsumsinya dalam keadaan segar

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.