oleh

Kenali 3 Tanda Kampas Rem Mobil Harus Diganti

PortalMadura.Com – Sering menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasi ada baiknya untuk sering-sering melakukan pemeriksaan secara detail pada beberapa komponen penting mobil. Agar terasa aman dan nyaman saat melakukan perjalanan.

Salah satu komponen penting mobil yang perlu di cek sebelum melakukan perjalanan yaitu rem mobil. Efektif atau tidaknya kerja rem mobil nyatanya dapat dilihat dari kondisi kampas rem. Semakin baik kondisi kampas rem maka semakin baik pula kinerja rem mobil, begitu juga sebaliknya.

Karena itulah pengecekan secara berkala wajib dilakukan agar keselamatan tetap terjaga. Adapun, ciri kampas rem bermasalah setidaknya bisa dirasakan, antara lain:

Bergetarnya Rem
Ciri pertama yang dapat Anda rasakan saat kampas rem mobil bermasalah ialah munculnya getaran saat pengereman, atau bahkan saat mobil berada di kecepatan tinggi.

Getaran tersebut muncul karena kampas rem telah habis, hingga akhirnya saat rem diinjak, cakram pun tidak memiliki permukaan yang rata. Getaran ini juga memiliki beberapa tingkatan, saat getaran sudah mencapai setir mobil, itu menandakan bahwa kampas rem mobil Anda sudah benar-benar habis dan harus segera diganti.

Muncul Bunyi Saat Pengereman
Ciri lain yang dapat Anda rasakan saat kampas rem mobil habis ialah munculnya bunyi decitan saat menginjak rem. Kampas rem yang sudah menipis hanya akan menyisakan besi di dalamnya, sehingga saat penginjakan rem besi-besi tersebut akan langsung bergesekan dan menimbulkan bunyi berdecit.

Semakin tipis, atau bahkan habisnya kampas rem akan membuat bunyi decitan saat pengereman semakin kencang. Karena itulah, jika Anda sudah mendengar suara-suara aneh pada saat berkendara, sebaiknya segeralah lakukan pengecekan.

Kedalaman Rem
Hal terakhir yang dapat mengindikasikan bahwa kampas rem mobil telah habis yaitu kedalaman rem. Kedalaman rem yang dimaksud yaitu kondisi saat melakukan pengereman, Anda harus menginjak amat dalam agar rem bekerja.

Hal tersebut tidak boleh diabaikan, karena itu menandakan bahwa kampas rem mobil sudah menipis. (liputan6.com/Desy)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE