oleh

Ini Keutamaan Baca Surah Al Kahfi di Hari Jumat Menurut Hadis

PortalMadura.Com – Pada umumnya, setiap malam dan hari Jumat umat Islam mengaji surah Yasin untuk dipersembahkan kepada leluhur yang sudah meninggal menurut kepercayaannya. Selain itu, di hari tersebut kaum pria diwajibkan untuk salat Jumat di masjid.

Memang, Jumat merupakan hari mulia di sisi Allah SWT karena banyak amalan berpahala besar yang bisa dilakukan umat Islam di hari tersebut. Bahkan, Rasulullah juga mengajarkan umatnya untuk membaca Surah Al Kahfi setiap Jumat atau malam sebelumnya.

Dari Abu Said al Khudri r.a, Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah,” (HR Ad-Darimi 3.470 dan disahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6.471).

Pada riwayat lain, Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat,” (HR Hakim 6.169, Baihaqi 635, dan disahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6.470).

Nah, dari kedua hadis di atas, menjelaskan, bahwa jika seorang Muslim membaca Surah Al Kahfi sejak Kamis malam dan sebelum matahari terbenam pada hari Jumat akan mendapat pahala besar. Umat tersebut akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah, atau dijelaskan juga disinari cahaya antara dua hari Jumat.

Para ulama mengatakan tidak ada waktu khusus dalam membacanya, bisa dipilih waktu yang disukai, namun tidak melewati batas hari Jumat. Jadi, setiap umat Islam dapat melakukannya di waktu khusus atau ketika sedang ada kelonggaran sehingga bisa lebih menghayati.

Oleh karena itu, semua umat Islam di seluruh penjuru dunia janganlah melewatkan ajaran Rasulullah ini. Apalagi keutamaan pahala yang dijanjikan Allah SWT sangatlah besar, sangat disayangkan jika disia-siakan, bukan?. (okezone.com/Salimah)


Komentar