Kenali 4 Alasan Penting saat Orang Tua Menemani Anak Belajar

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 4 Alasan Penting saat Orang Tua Menemani Anak Belajar
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mendidik anak adalah tugas orangtua yang tidak mudah. Saat tengah sibuk dengan bekerja dan mengurus banyak hal, Anda tetap mempunyai tugas dalam mendampingi anak belajar. Bukan cuma menyekolahkannya, tetapi ikut berperan aktif dalam keseharian.

Hal yang sepele saat dan bisa sangat sulit dilakukan. Terlebih bila Anda punya kesibukan padat sendiri dengan pekerjaan atau karier. Meluangkan waktu menemani anak belajar bisa memberi banyak manfaat. Menemani anak belajar tidak selalu berarti mengambil alih dan menyelesaikan semua PR anak.

Lebih dari itu, waktu yang diluangkan untuk menemani anak belajar bisa memberi sejumlah manfaat penting. Seperti dilansir PortalMadura.Com dikutip dari fimela.com, berikut ini ada sejumlah .

Membantu Anak Lebih Fokus Belajar
Jika Anda tidak mendampingi anak saat belajar, maka anak bisa dengan mudah terganggu fokusnya dan daya konsentrasi. Menemani anak belajar, Anda dapat membantunya menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar. Kehadiran Anda di sisinya untuk belajar bisa memberinya semangat untuk belajar tanpa rasa malas.

Membangun Contoh yang Baik
Elliott Shostak, seorang pendidik mengungkapkan bahwa salah satu cara terbaik untuk membangun kemampuan belajar seumur hidup maka kita perlu memberi contoh yang baik untuk anak-anak kita. Saat anak sedang mengerjakan PR, kita bisa menemaninya, misalnya duduk di dekatnya sambil membaca buku. Izinkan anak bertanya jika dia mengalami kesulitan dengan PR-nya.

Membantu Anak Disiplin Belajar
Sejak dini orangtua perlu membangun kedisiplinan, prosesnya pun tidak instan. Anda perlu sabar membantu anak membangun karakter disiplin. Dengan menemani anak belajar, Anda bisa sekalian mengarahkannya untuk membuat jadwal belajar yang baik. Saat sudah terbiasa belajar pada jam-jam tertentu, anak bisa memiliki inisiatif sendiri untuk belajar tanpa disuruh lagi.

Meningkatkan Kedekatan dengan Anak
Saat Anda membantu anak menyelesaikan tugas sekolahnya, Anda bisa sekalian membuka berbagai topik dengannya terkait sekolah dan kesehariannya. Apakah anak selama ini nyaman di sekolah? Siapa saja teman-temannya? Siapa guru favoritnya? Menemani anak belajar bisa jadi “jembatan” untuk membuka berbagai topik obrolan lain yang lebih luas.

Baca Juga: Berdalih Persepam, LSM Gapura Ngaku Tak Permasalahkan Pengelolaan SGMRP

Menemani anak belajar ternyata sangat penting. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan ini. Semoga informasi ini bisa jadi referensi dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan membuatnya senantiasa bersemangat belajar. Selamat Mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.