oleh

Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Bagi masyarakat pedesaan, tentunya sudah mengenal jantung pisang. Karena, bagian dari pohon pisang ini sangat enak jika dijadikan sebuah masakan. Selain soal rasanya, ternyata jantung pisang juga bisa menjaga kondisi kesehatan.

Tentunya, manfaat itu diperoleh lantaran kandungan yang ada di dalamnya. Sebagaimana yang dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (8/2/2020) dari laman Harapanrakyat.com, menurut penelitian, jantung pisang memiliki kandungan Vitamin A, B, C, E, serat, niasin, asam pantotenat dan tiamin.

Selain itu, bakal pisang ini juga mengandung kalsium, magnesium, fospor, tembaga, besi, mangan, kalium, proteins, zinc (seng), karbohidrat. Oleh karenanya, dari kandungan ini bermanfaat untuk tubuh sebagai antibakteri, antimikroba, antivirus, anti-kanker, antioksidan dan anti inflamasi, termasuk bisa menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Manfaat Jantung Pisang

jantung pisang khasiat dan manfaat
Gambar oleh Junior Peres Junior dari Pixabay

Dari sejumlah kandungan di atas, jantung pisang juga bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Apa saja?. Berikut daftarnya:

Mengurangi Hipertensi

Manfaat pertama yang bisa dirasakan dari jantung pisang adalah bisa mengurangi hipertensi. Jadi, saat Anda mengonsumsi jantung pisang setiap hari, itu bisa menurunkan tekanan darah.

Mengobati Maag

Salah satu kandungan jantung pisang lainnya adalah memiliki protease inhibitor. Hal ini bermanfaat untuk menghilangkan bakteri tukak lambung (luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung). Selain itu, juga bisa menekan sekresi asam pada lambung.

Solusi Anemia

Memiliki riwayat penyakit anemia, tentu sangatlah tidak nyaman. Karena, tubuh terasa tidak normal seperti biasanya. Nah, untuk mengatasinya bisa dengan memanfaatkan jantung pisang. Sebagaimana kandungan besi dari jantung pisang ini, mampu meningkatkan kadar hemoglobin tubuh. Sehingga, bisa mencegah anemia.

Baca Juga : Kenali, 5 Manfaat Buah Pisang yang Baik Bagi Kesehatan

Sembelit

Gangguan pencernaan seperti sembelit pasti mengganggu. Nah, jantung pisang menjadi solusinya. Kandungan jantung pisang yang kaya akan serat yang bisa mengurangi sembelit Anda. Karena serat bisa membantu proses pencernaan lancar.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang hampir ditakuti oleh semua orang. Tidak heran jika banyak orang rela melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Termasuk juga dengan bahan alami seperti jantung pisang. Meskipun jantung pisang bermanfaat untuk kanker bukan pada level kronis, namun ini bisa dijadikan bahan sebagai langkah antisipasi penyakit yang mematikan ini.

Jantung Pisang Mampu Memperkuat Rahim

Bagi wanita, jantung pisang yang dicampur dengan biji jintan, lada yang direbus dan ditambahkan seperempat sendok teh garam serta bubuk kunyit juga sangat bermanfaat untuk memperkuat rahim.

Bermanfaat Menurunkan Berat Badan

Manfaat serat dari jantung pisang ini juga bisa membantu orang untuk mengurangi berat badan. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang sekarang lagi program diet.

Ginjal Sehat

Potasium di dalam jantung pisang ini ternyata bisa mengurangi batu ginjal. Walaupun masih banyak sekali manfaat jantung pisang, namun pada prinsipnya bahan yang satu ini akan bermanfaat bila dikonsumsi secukupnya saja, bukan berlebihan.

itulah segudang khasiat atau manfaat jantung pisang untuk kesehatan,

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Harapanrakyat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar