Kenali 4 Gejala Anak Alami Masalah Hormon

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali 4 Gejala Anak Alami Masalah Hormon
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai orang tua, tentu akan sangat bahagia bila meliahat tumbuh kembang tanpa hambatan apapun. Nah Moms, tahukah Anda yang memegang peranan penting dalam pertumbuhan anak adalah . Perlu Anda ketahui jika pertumbuhan seorang anak tidak optimal, maka penting untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh, termasuk kondisi hormonnya.

Seorang ahli endokrinologi anak di Massachusetts, Benjamin U mengungkap ada beberapa gejala yang harus diwaspadai orangtua pada anak. Bisa jadi gejala-gejala berikut merupakan pertanda gangguan hormon pada anak.

Bau Badan
Munculnya bau badan pada si kecil biasanya disebabkan oleh aktivasi awal kelenjar adrenal yang tidak membutuhkan suatu perawatan. Konsultasikanlah kepada dokter agar buah hati tidak mengalami pubertas sebelum waktunya.

Tinggi atau Pendek
Pertumbuhan seorang anak di tahun pertamanya berkisar 12 inci, lima inci selanjutnya di tahun kedua, dan dua hingga tiga inci setiap tahun sampai masa pubertas. Percepatan pertumbuhan merupakan hal normal, tapi jika buah hati semakin tinggi atau tingginya tidak bertambah sama sekali selama lebih dari 10 bulan, maka Anda harus berkonsultasi ke dokter untuk menguji hormon pertumbuhannya.

Kurus atau Gemuk
Jika anak Anda berbadan kurus atau pemilih makanan, berikanlah multivitamin untuk mendorong nafsu makannya. Sementara bagi anak yang kelebihan berat badan, konsultasikanlah kepada dokter mengenai diet dan olahraga yang cocok.

Mudah Haus dan Sering Buang Air
Ketika seorang anak mengalami gejala-gejala di atas, tapi memiliki berat badan yang seimbang, maka bisa juga disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Hal ini akan menyebabkan mereka mudah haus dan sering buang air.

Demikian mengenai gejala anak yang mengalami masalah hormon. Bila anak Anda mengalami gejala yang demikian, berkonsultasi dengan dokter ahli endokrin bisa mendapat solusi yang tepat. Semoga Bermanfaat. (dream.co.id/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.